Nokia Gelar Jaringan 5G Komersial Di Jepang

ArenaLTE.com - Implementasi teknologi jaringan 5G terus bergulir. Adalah Nokia yang telah menandatangani kesepakatan dengan NTT DOCOMO, operator seluler terbesar di Jepang, untuk memasok produk-produk baseband 5G yang akan diterapkan dalam jaringan mobile 5G yang direncanakan akan beroperasi secara komersial pada tahun 2020.

Nokia akan mendukung operasi komersial 5G NTT DOCOMO di Jepang dengan menghadirkan peningkatan lebih lanjut bagi baseband unit yang sudah ada dan mengintegrasikan perangkat AirScale Nokia berbasis 5G New Radio (5G NR) ke jaringan NTT DOCOMO, yang akan memberikan pelanggan mobileNTT DOCOMO suatu pengalaman unik yang didukung oleh kecepatan tinggi ekstrem 5G, kapasitas superior dan ultra-low latency.

Mengingat NTT DOCOMO bermaksud memulai layanan komersial 5G pada tahun 2020, solusi Nokia akan menghadirkan evolusi yang alami bagi penerapan 4G/LTE saat ini, serta integrasi yang sukses ke dalam lingkungan operasional yang ada.

Nokia telah menjalin hubungan kerja sama jangka panjang dengan operator terbesar di Jepang ini dan telah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan pemasokan untuk teknologi jaringan 3G dan 4G/LTE.

Kedua perusahaan juga telah bekerja sama dalam uji coba teknologi 5G, dan kini telah menyepakati penyediaan BBU 5G Nokia agar dapat melakukan manajemen terpusat untuk 5G RRH (remote radio head) yang akan diterapkan dalam jaringan 5G.

Hal ini sesuai dengan visi 5G NTT DOCOMO, yang sepenuhnya memanfaatkan arsitektur C-RAN yang ada untuk 5G. Berdasarkan kesepakatan tersebut, Nokia akan mendukung NTT DOCOMO dalam evolusi jaringannya dari 4G/LTE menjadi 5G dengan menyediakan teknologi berdasarkan standar baru 5G NR yang sesuai dengan 3GPP, di mana tahap pertamanya telah diluncurkan sebelum akhir tahun 2017.

Dalam keterangannya, Marc Rouanne, President of Mobile Networks di Nokia, mengungkapkan jika kesepakatan dengan NTT DOCOMO ini merupakan suatu tonggak yang penting dalam mewujudkan 5G komersial menjadi kenyataan, terutama di negara dengan sejarah yang panjang dan membanggakan di bidang kemajuan teknologi dan pelopor dalam adopsi teknologi. 

Leave a Comment