ArenaLTE.com – Konvergensi dari Android kian beragam, salah satunya adalah Flyme OS, yakni sistem operasi untuk smartphone Meizu yang nantinya akan ditempatkan di atas Android. Dan, Flyme 5 merupakan iterasi terbaru, yang sejauh ini baru berhasil bergulir hingga ke Meizu Pro 5 dan MX5.

Dikutip dari Ubergizmo.com, sebuah versi beta untuk Flyme 5 akan tersedia untuk MX4, MX4 Pro, dan m1 note. Namun pengguna tidak akan mendapatkan versi beta ini secara OTA atau over-the-air. Pengguna harus mendownloadnya dari Meizu dan menginstal itu secara manual.

Nah, versi akhir dari Flyme 5 untuk tiga perangkat ini akan keluar melalui OTA, yang biasanya bergulir sebelum Tahun Baru Cina, tepatnya pada tahun 2016 tanggal 8 Februari. Sayangnya, masih belum ada kabar dari Meizu apakah Flyme 5 akan diluncurkan untuk handset lainnya atau tidak. Perlu diingat bahwa update Flyme tidak akan membawa versi Android menjadi yang terbaru. Itu hanyalah antarmuka yang berubah.

Pengaplikasian Flyme 5 kepada tiga perangkat ini akan keluar sebagai update OTA yang dijadwalkan sebelum Tahun Baru Cina, dimana pada tahun 2016 bertepatan tanggal 8 Februari 2016. Sayangnya masih belum ada kabar atau informasi dari Meizu apakah Flyme 5 akan bisa diaplikasikan ke handset lain. Dan jangan lupa untuk diingat kenyataan bahwa update Flyme tidak akan membawa perubahan pada isi dari Android, tetapi hanya pada tampilannya saja yang berubah.

flyme OSSejarah Lahirnya Flyme OS

Saat Meizu pertama kali membuat smartphone, sistem operasinya bukan Android, tapi Windows Mobile CE. Setahun berselang barulah Meizu merilis smartphone dengan sistem operasi Android dengan polesan Flyme OS. Di bawah ini adalah perjalanan dari Flyme OS dari generasi pertama hingga yang paling anyar.

Flyme OS 1.0 (Android 4.0.3) hadir untuk pertama kalinya pada 12 Juni 2012. Meizu menggunakannya pada varian Meizu MX dilanjutkan pada Meizu M9. Kemudian Flyme OS 2.0 hadir di akhir 2012 bersamaan dengan munculnya Meizu MX2. Fitur yang ditawarkan beberapa diantaranya adalah dukungan root terintegrasi dan service cloud.

Pada Flyme OS 3.0, untuk pertama kalinya Meizu memanjakan meizunian dengan desain yang flat. Sejak Flyme OS 3.0, Meizu menyertakan fitur Dirac HD Sound. Fitur ini menawarkan pengalaman ekstra saat mendengarkan audio pada earphone dan headphone. Hadir pada tahun 2014, Flyme 4.0 juga bisa dinikmati oleh mereka yang menggunakan Samsung, Sony, LG, dan HTC.

Perjalanan lalu dilanjutkan dengan kehadiran Flyme OS 4.5. Singgah pertama kali di Meizu MX5 dan Meizu m2 Note. Dilanjutkan dengan Meizu MX4, Meizu MX4 Pro dan Meizu m1 Note.Yang paling baru adalah Flyme OS 5.0. Meizu baru saja memperkenalkannya di ajang Meizu Go Pro, bersamaan dengan rilisnya Meizu Pro 5. Flyme OS 5.0 pertama kali akan singgah di Meizu MX 5.