ArenaLTE.com – Beberapa tahun terakhir ini, selfie menjadi trend yan mewabah di kalangan netizen. Namun seiring dengan semakin cepatnya koneksi internet 4G LTE dan kecanggihan teknologi smartphone, budaya selfie berkembang tak hanya dalam bentuk foto statis, namun video yang bisa dilihat di seluruh penjuru dunia secara real time. Inilah yang dinamakan live broadcasting atau live video streaming.

Gartner memprediksi di tahun 2017, teknologi video dan visual semakin memiliki peranan penting untuk berinteraksi baik antara konsumen maupun sesama pengguna. Bahkan live broadcasting diprediksi akan menjadi tren baru pengganti “selfie”. Live broadcasting atau teknologi real time lainnya tak hanya digemari oleh pengguna untuk bernarsis ria, tetapi juga akan dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk baru hingga layanan pelanggan sehingga interaksinya semakin nyata.

Dengan potensi yang dimilikinya sebagai media dengan kemampuan ekspresi lebih banyak, kepopuleran live video diprediksi akan melebihi foto statis. Pemanfaatan live broadcasting akan semakin bersentuhan dengan aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan dengan koneksi internet 4G LTE yang kian cepat dan smartphone dengan kamera yang handal, layanan live video streaming semakin mudah diakses langsung melalui smartphone dalam genggaman tangan.

live broadcasting
Kamera depan mulai sering dimanfaatkan untuk live streaming show (Foto: Hendra/ArenaLTE)

Salah satu smartphone 4G LTE dengan kemampuan kamera yang handal adalah OPPO F1S. Kedua kameranya baik depan maupun belakang mampu bekerja dengan optimal. Kamera belakang dibekali sensor 1/3.06 inchi dengan aperture F/2.2 yang menghasilkan resolusi 13 MP. Lensa diperkuat teknologi PDAF sehingga fokus ke obyek gambar lebih cepat. Sedangkan kamera depan lebih “gahar” dengan resolusi 16 MP yang memiliki sensor besar 1/3.1 dan aperture lebar F/2.0 serta sudut lebar 120 derajat.

Sementara itu untuk aplikasi pendukung live broadcasting, saat ini sudah cukup banyak tersedia sesuai keinginan. Bahkan jejaring sosial populer juga sudah menambahkan fitur Live Video Streaming di dalamnya. Sehingga memungkinkan kita untuk chatting, berinteraksi satu sama lain, bahkan dengan host-nya juga secara real-time. Di antara aplikasi live broadcasting yang cukup populer di Indonesia antara lain Facebook Live, Periscope, ClipOnYu, Siaranku, Bigo Live, dan Nonolive.

Baca juga:
Kupas Tuntas Teknologi Kamera Selfie di Smartphone
* 9 Layanan Live Video Streaming Populer Di Indonesia, Mana Favoritmu?

Tak hanya dipakai untuk sekadar narsis atau berbagi momen, layanan live video streaming pun bisa dimanfaatkan lebih jauh untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Seperti digunakan sebagai remote monitoring untuk mengawasi bayi di rumah atau untuk keamanan, berjumpa dengan fans, memberikan materi kuliah, konsultasi antara dokter dan pasien, koordinasi pekerjaan dengan lintas cabang atau klien di luar negeri, hingga melayani konsumen yang semuanya memakai video secara real time.

Berikut ini infografis tren konten layanan live broadcasting yang disukai oleh kalangan millenial:

infografis-live-broadcastin