7 Inovasi Teknologi Kamera Selfie OPPO Smartphone

ArenaLTE.com - Dalam lima tahun terakhir pengguna smartphone berkembang menjadi generasi selfie yang terobsesi dengan aktualisasi diri di media sosial. Fenomena selfie inilah yang membuat kamera depan smartphone berevolusi, bahkan teknologi kamera selfie menjadi semakin canggih menandingi kamera utama smartphone.
 
Salah satu vendor smartphone yang mempopulerkan budaya memotret diri sendiri ini adalah OPPO Smartphone yang terus menghadirkan inovasi teknologi kamera sefie OPPO terbaru dalam produk terbaru mereka.
 
Mendapatkan julukan sebagai “Selfie Expert”, teknologi kamera selfie OPPO terus dikembangkan sejak tahun 2012 hingga sekarang. Dalam lima tahun perjalanannya di pasar smartphone Indonesia, berbagai inovasi teknologi kamera selfie OPPO terbaru telah dihadirkan.

Resolusi Kamera Selfie OPPO

Tahun 2012, OPPO menjadi vendor smartphone pertama yang menerapkan kamera selfie 5 Megapiksel yang paling besar pada saat itu. Resolusi kamera selfie 5 Megapiksel ini menjadi standar baru bagi produk yang ingin mengandalkan “selfie” sebagai nilai jual mereka, dan OPPO Findway yang menjadi smartphone dengan kamera selfie 5 Megapiksel pertama OPPO yang dilanjutkan dengan seri OPPO lainnya.
 
Resolusi kamera selfie terus ditingkatkan oleh OPPO dengan menghadirkan seri OPPO F1 dan OPPO R7 dengan kamera selfie beresolusi 8 Megapiksel. Lalu dimulailah fenomena smartphone selfie expert OPPO dengan resolusi kamera dengan teknologi kamera selfie 16 Megapiksel.
 
Seri andalan smartphone selfie dari OPPO yaitu, OPPO F1s, OPPO F1 Plus dan OPPO A57 yang menjadi smartphone dengan kamera selfie pertama yang memiliki resolusi paling tinggi (16 Megapiksel) diantara smartphone selfie lainnya.

inovasi_teknologi_kamera_selfie_OPPO

Dual Kamera Wide Angle Selfie OPPO

Tidak hanya resolusi kamera selfie 16 Megapiksel saja, bahkan seri terbaru OPPO F3 dihadirkan dengan inovasi terbaru dual kamera selfie. OPPO F3 Plus juga menghadirkan lensa wide-angle dan dual-front selfie camera, yang menjanjikan pengalaman fotografi yang berkualitas tinggi.
 
OPPO F3 Plus punya sepasang kamera selfie yang letaknya berdampingan di bagian depan, kamera pertama mengusung resolusi 16MP yang terinspirasi dari teknologi pada seri F1s Selfie Expert. Dan untuk pertama kalinya di pasaran OPPO juga menyematkan kamera 8MP dengan lensa bersudut kelebaran 120 derajat.
 
Kamera kedua di bagian depan ini mampu menangkap gambar 105% lebih luas dari lensa 80 derajat yang saat ini umum ditanamkan di berbagai ponsel modern. Alhasil, ruangan yang tersedia di dalam viewfinder kamera menjadi sangat luas. Pengguna OPPO F3 Plus bisa menangkap background yang lebih luas, orang yang lebih banyak dan hasil selfie yang lebih atraktif atau yang disebut dengan istilah Group Selfie. 

Sensor Kamera Selfie OPPO

Sensor kamera merupakan bagian inti kamera yang berfungsi untuk menangkap jumlah cahaya dan menentukan warna pada foto. Jadi semakin besar ukuran sensornya, semakin bagus kualitas hasil fotonya. Salah satu contohnya adalah sensor kamera yang dimiliki oleh OPPO F1s yang disebutkan bahwa 1/3.1 Inchi sensor, sensor ini didesain khusus yang mampu menyerap cahata 400% lebih banyak dari sensor kamera biasanya membuat hasil selfie dalam kondisi cahaya terang, redup, melawan cahaya, dan malam hari tetap bagus.

Hampir semua kamera selfie OPPO rata-rata menggunakan Aperture kamera depannya F/2.0 Dengan bukaan f/2.0 yang besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik (Depth Of Field) kombinasi fokus permukaan yang jelas dengan keburaman latar belakang allias bokeh.

Rotating Camera Selfie (Kamera Berputar)

OPPO juga menjadi pionir dengan menciptakan kamera berputar pertama di dunia lewat N Series, termasuk di antaranya OPPOO N1 dan OPPO N3. Alih-alih menyediakan dua kamera di bagian depan dan belakang, untuk memudahkan selfie inovasi kamera selfie dilakukan dengan membuat desain kamera berputar.

inovasi_teknologi_kamera_selfie_OPPO
 
Cukup memiliki satu kamera saja, dengan desain kamera berputar ini menjadikan kamera utama sekaligus memiliki fungsi ganda sebagai kamera selfie hanya dengan memutarnya ke arah depan. Inovasi kamera berputar ini pertama kali diperkenalkan oleh OPPO melalui seri OPPO N1 dan OPPO N1 mini yang memiliki kamera beresolusi 13 Megapiksel yang mamapu berputar hingga 206 derajat. Resolusi kamera selfie berputar tertinggi saat ini 16 Megapiksel dimiliki oleh OPPO N3 yang merupakan versi pembaharuan dari OPPO N1 sebelumnya.

AutoFokus Kamera Selfie

Teknologi autofokus cepat juga dimiliki oleh OPPO R7 dengan nama Flash Shot yang mampu melakukan proses fokus hanya dalam 0,1 detik serta dapat menghasilkan gambar tajam yang lebih detail. Fitur Oppo R7 ini memiliki dua fungsi utama yaitu Dual drive Hybrid Focus System dan Anti shake Optimization. Teknologi autofokus cepat lainnya yaitu PDAF (Phase Detection Auto Focus) yang dibenamkan kedalam smartphone selfie OPPO F1 series.
 
Sedangkan Inovasi terbaru dilakukan oleh OPPO dengan menerapkan teknologi terbaru AutoFocus Dual PDAF pada smartphone terbaru mereka yaitu seri OPPO F3 Plus. Dual PDAF ini meningkatkan area sensor hingga dua kali lipat dengan menggunakan komponen khusus. Ini berarti ada lebih banyak cahaya bisa dideteksi sensor, dibandingkan dengan model PDAF konvensional, yang hasil akhirnya membuat auto fokus di tempat minim cahaya bukan hal yang sulit lagi.

inovasi_teknologi_kamera_selfie_OPPO

LED Flash & Screen Flash

Keberadaan lampu flash di kamera depan sangat dibutuhkan ketika ingin selfie di kondisi cahaya yang minim. Selain dukungan LED Flash tambahan ketika selfie, ada juga penerapan teknologi Dual Flash untuk meningkatkan lagi intensitas pencahayaan ketika selfie dalam kondisi kurang cahaya seperti pada Zenfone Selfie.
 
Namun OPPO menerapkan teknologi berbeda, alih-alih menambahkan LED Flash, OPPO menambahkan fitur yang disebut Screen Flash pada smartphone selfie OPPO F1 series mereka. Cara kerja Screen flash adalah dengan menggunakan layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi untuk menghasilkan cahaya yang dapat menggantikan LED Flash sehingga memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan kamera depan tanpa menggunakan flash di tempat gelap sekalipun.

Beautify Kamera Selfie OPPO

Pada 2012, OPPO mulai membenamkan fitur beautify ke dalam smartphone melaui seri OPPO Findway. Sejak saat itu, kemampuan fitur beautify kamera selfie OPPO terus meningkat dan dibenamkan dalam smartphone selfie OPPO terbaru hingga mencapai versi terbaru sekarang Beautify 4.0. Fitur ini membantu pengguna smartphone dalam memproduksi foto selfie yang lebih baik. Kita bisa memperhalus tampilan wajah, melakukan selfie panorama, menambahkan fitur bokeh yang menghasilkan efek blur cantik. Memotret pun sangat mudah cukup dengan lambaian tangan saja, OPPO F3 Plus bisa memotret secara otomatis.

beautify_kamera_selfie_OPPO_1

Kamera Selfie OPPO Dengan A.I Beauty Recognition

Inovasi teknologi kamera selfie OPPO yang paling terbaru adalah fitur A.I Beauty Recognition Technology yang ditanamkan dalam seri OPPO F5. Teknologi A.I Beauty Recognition adalah kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan F5 yang akan mengenali secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin dan juga usia dari subjek foto.

Nantinya hasil analisa perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global. Database ini merupakan kumpulan algoritma yang diciptakan oleh R&D OPPO berdasarkan feedback konsumen dan saran dari ahli.  Database ini nantinya digunakan sebagai referensi untuk dapat menghasilkan foto selfie menjadi jauh lebih nyata dan tampak sangat natural.

Melalui foto yang diberikan terlihat bahwa F5 melakukan pendekatan yang berbeda pada foto pria dan wanita. Pada pria tampak ciri khas wajah seorang pria dengan kumis halus yang masih terlihat jelas dan kantung mata yang terekam jelas.

Sementara itu A.I Beauty Recognition Technology juga dapat membedakan warna kulita pria dan wanita pada foto. Kecerdasan buatan ini juga dapat mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walapun berada dalam satu frame.

Leave a Comment