ArenaLTE.com – Telah tersedianya koneksi internet cepat melalui jaringan 4G LTE di Indonesia yang semakin meluas, mempermudah kita konten multimedia yang lebih komplit lagi. Tidak hanya sekadar teks, gambar saja namun file video sudah bisa dinikmati dengan lancar. Bahkan konten video yang disiarkan secara langsung atau yang sering disebut Live Video Streaming sudah bisa kita lakukan dan kita akses dengan nyaman dan lancar melalui smartphone.

Sebenarnya layanan Live Video streaming sudah lama disediakan oleh beberapa vendor seperti Youtube, Ustream, Livestrem, dan lainnya. Namun kini, mengakses dan menikmati layanan live video streaming menjadi semakin mudah bisa kapanpun dan dimanapun dalam bentuk aplikasi yang digabungkan dengan jejaring sosial.

Keunggulan dari aplikasi live video streaming ini yaitu memungkinkan setiap orang, melakukan kegiatan siaran langsung (live mobile broadcasting) hanya melalui smartphone, untuk ditonton secara langsung pada saat itu juga, oleh penonton tertentu. Dan tidak perlu peralatan penyiaran rumit dan mahal cukup dengan koneksi internet dan smartphone semuanya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Layanan Live Video Streaming di Indonesia

Hingga saat ini sudah banyak aplikasi khusus Live Video Streaming yang bisa kita nikmati di Indonesia, bahkan jejaring sosial populer juga sudah menambahkan fitur Live Video Streaming didalamnya sehingga memungkinkan kita untuk chatting, berinteraksi satu sama lain, bahkan dengan host-nya juga secara real-time. Berikut ini beberapa layanan Live Video Streaming yang ada di Indonesia.

1. Periscope

video live streaming

Salah satu pelopor jejaring sosial yang menyediakan layanan Live Video Streaming yaitu Twitter melalui Periscope. Biasanya informasi ter-update mengenai kejadian apapun bisa kita update melalui Twitter, namun informasinya hanya berupa tweet. Kebutuhan dalam mengetahui update berita terbaru melalui layanan live video streaming ini lah yang memunculkan ide lahirnya Periscope.

Layanan Live video streaming dengan komentar ini dimulai pada Februari 2014. Lewat Periscope, dengan mengandalkan video streaming, semua orang bisa mengabadikan peristiwa atau kehidupan mereka secara live. Pengguna yang disebut broadcaster bisa berkomentar dan saling berinteraksi, misalnya meninggalkan love, sebagai tanda suka pada video tersebut. Twitter mengklaim Periscope telah digunakan jutaan orang di dunia, termasuk tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

Facebook Live Streaming2. Facebook Live

Update status, sharing video dan baca berita di Facebook udah biasa. Yang terbaru sekarang kita bisa live streaming video di Facebook menggunakan akun yang kita miliki dengan menggunakan fitur Facebook Live. Facebook Live adalah layanan video broadcast dari Facebook yang diperkenalkan pada Agustus lalu.

Melalui Facebook Live kita bisa gunakan smartphone untuk berbagai momen secara langsung kepada teman, keluarga atau fans dan bisa langsung saling memberikan respon juga komentar dari reaksi mereka tersebut.

Facebook juga memperkenalkan beberapa fitur baru yang dapat digunakan untuk menemukan, berbagi, serta berinteraksi dengan konten video streaming tersebut. Beberapa fitur yang diperkenalkan adalah fitur Live untuk Groups dan Events. Ada juga menu interaktif Live Reactions, Replay Comments dan Live Filters & Doodling dan masih banyak menu menarik lainnya.

3. ClipOnYou

Cliponyu video streamingCliponYu, sebuah situs yang menampilkan online video streaming dan live entertainment, memang bisa dibilang membuat gebrakan baru dunia media sosial di Indonesia. Sebab saat itu, format live streaming dikawinkan dengan media sosial, belum populer. Pertama kali hadir pada bulan Agustus 2014, CliponYu bisa dibilang cepat berkembang.

Salah satu ciri khas CliponYu adalah host-nya kebanyakan perempuan muda dan cantik. Tak ketinggalan, ada pula sesi private chatting dengan pengguna, dan formula ini berhasil untuk menarik pengguna. Terbukti, tatkala ada beberapa host yang siaran dari pagi sampai siang hari, pengunjungnya CliponYu bisa membludak. Mereka mengklaim, bisa mencapai 2 juta pageview dan 300 ribu pengguna aktif.

4. #FAME

live video #fame#Fame merupakan salah satu layanan live video streaming yang diklaim sebagai Live Video Social Platform. #FAME ini diramaikan dengan kehadiran para pemusik, fashionista, bintang film, hingga comedian. Mereka turut menampilkan hiburan interaktif dengan penonton. Layanan ini juga menawarkan para penonton berupa kesempatan untuk menonton selebriti dan konser. Pengguna dari berbagai negara dapat berinteraksi, membuat komunitas, bertukar pikiran, dan mengomentari topik yang sedang hangat ataupun isu-isu lainnya dalam nuansa yang inovatif serta menarik.

5. iShow

ishowSetelah hadir terlebih darulu di Thailand, iShow menjadi salah satu platform online live video streaming yang juga ikut mencoba peruntungan di pasar Indonesia. Jumlah member yang sudah mendaftar layanan ini adalah sekitar 4000 user. Layanan iShow bisa diakses para pengguna melalui desktop di situs ishow.id dan juga melalui aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS. Saat peluncuran, iShow pernah menggandeng Smartfren menangani jaringannya termasuk menggelar konser live streaming Aliando Syarief.

6. Siaranku

siarankuSiaranku merupakan layanan Live video streaming yang mengusung konsep siaran radio. Namun program “radio” ini tak hanya memungkinkan kita sebagai pendengar saja namun dapat melihat langsung seperti apa rupa penyiar idola kita, bahkan bisa berinteraksi melalui chatting dan pemberian Virtual Gift. Tentu saja, termasuk di dalamnya ketika kita meminta lagu, atau hanya sekadar seru-seruan bersama mereka dan bintang tamu lewat topik dan tema yang berbeda-beda setiap harinya.

7. Zeemi

Zeemi Live Video StreamingLayanan Live video streaming Zeemi membidik kalangan komunitas, dengan menyediakan sarana live video streaming yang interaktif, dan kesempatan untuk memperluas jaringan, serta membawa percakapan offline ke online. Saat ini Zeemi telah memiliki ribuan pengguna yang aktif. Beberapa komunitas yang aktif menggunakan antara lain komunitas hijab, musik indie, dan Je­jepang­an.

8. Bigolive

BIGO LIVEAplikasi Live video streaming ini yang satu ini tergolong baru, namun kehadirannya semakin menonjol di komunitas online. Sejak diluncurkan Maret 2016 lalu, Bigo Live memang langsung populer dan pengguna Bigo Live banyak yang menyalurkan hobi, bakat dan keahliannya lewat live video streaming. Mereka mempertontonkan keahlian mereka, seperti bernyanyi, menari, memasak, memberikan tutorial, hingga sekadar ngobrol dan berbagai hal lainnya.

9. Nonolive

nonoliveLayanan Live Video Streaming yang ditawarkan oleh Nonolive ini mirip dengan CliponYu. Mereka menyediakan aneka hiburan dalam platformnya dengan mayoritas host-nya adalah perempuan muda. NonoLive juga memiliki keunikan, dimana seorang host (pengguna) bisa mengumpulkan virtual gifts atau hadiah yang diberikan oleh para followers/ fans lalu menukarnya dalam bentuk rupiah, langsung dari aplikasi.

Nonolive menyediakan konten yang inovatif, real time dan melibatkan interaksi penggunanya. Konten dapat diatur ke dalam beberapa suasana, seperti live-stream ketika berbelanja, jalan-jalan atau di dalam sebuah pesta. Konten tersebut bisa diganti sesuai dengan suasananya, inilah yang membuat konten menjadi lebih menarik.