ArenaLTE.com  – Buat kamu yang ketagihan bermain Pokemon Go tapi bingung mencari jejak Pokemon yang berkeliaran, ada aplikasi radar yang bisa kalian download. Aplikasi ini tersedia buat smartphone Android dan bisa dipakai untuk melacak monster-monster yang pernah muncul di lokasi sekitar kalian.

Sebelum menginstal aplikasi radar ini, harap diingat kalau kalian harus membuat dua akun Pokemon. Jangan pakai akun Pokemon Go utama kalian untuk menjalankan aplikasi pemetaan dari pihak ketiga ini. Gunakan akun Pokemon cadangan saja, karena aplikasi radar ini hanya dipakai untuk memantau sekitar dan melihat Pokemon apa saja yang berkeliaran. Supaya akun utama kalian tidak di-banned.

Aplikasi seperti ini sebenarnya ‘dibenci’ oleh Niantic yang merupakan pengembang Pokemon Go. Salah satu aplikasi pelacak Pokemon yang cukup populer yakni PokeVision sempat ‘dihajar’ Niantic. API-nya dimatikan untuk beberapa solusi desktop. Tapi aplikasi lain malah bermunculan bak cendawan di musim hujan.

Nah, ini dia beberapa aplikasi radar yang kebetulan bisa dipakai di smartphone Android.

PokéMapper-Pokemon Go Live Map

PokeMapper (1) PokeMapper (2) PokeMapper (3) PokeMapperCepat download aplikasi ini kalau masih ada di Play Store. Ini adalah aplikasi yang cukup bagus untuk melacak jejak Pokemon. PokéMapper bisa menyaring monster digital ini, memberi notifikasi dan panduan arah. Bahkan, aplikasi ini bisa menampilkan list Pokestop di sekitar kalian juga menunjukkan lokasi Gym dengan level dan Pokemon terkuat di sana. Kelemahannya, aplikasi ini agak lama dalam memindai dan loading. Butuh kesabaran ekstra saat menggunakannya.

PokiiMap

PokiiMap (1) PokiiMap (2) PokiiMap (3) PokiiMapAplikasi ini juga bisa ditemukan di Play Store. Pemindaian peta sedikit lemot tapi begitu area di layar mulai muncul, kalian bisa melihat daftar Pokemon yang ada di sekitar. Waktu yang tersisa sampai Pokemon itu hilang dan jarak ke sasaran. PokiiMap juga bisa memberi arah ke Pokemon yang kalian cari, memberikan notifikasi saat mereka muncul.

PokéLIVE

PokLIVE (1) PokLIVE (2) PokLIVEKalian tak akan menemukan aplikasi ini di Play Store. Tapi tampilannya cukup menarik dengan visual yang enak dilihat mata. Monster seperti Pidgey tetap terlihat seperti aslinya di Pokemon Go. Kalian juga akan mendapat informasi seputar lokasi dan waktu saat Pokemon mulai menghilang (expire).  Memang sedikit kurang praktis dan susah digunakan karena membutuhkan akun Trainer supaya bisa bekerja dengan baik. Tapi aplikasi ini bisa memandu kalian dan menyaring monster-monster tertentu.