ArenaLTE.com – Memasuki tahun 2016, sejumlah program yang dicanangkan Pemerintah telah mulai dijalankan. Seperti halnya di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), mengungkapkan bahwa fokus kominfo tahun ini untuk pembangunan ke wireless broadband yang merata di Tanah Air.
Disela acara konferensi pers pembangunan zona integritas pencegahan korupsi, di Jakarta, Rabu (6/1/2016), Rudiantara, Menteri Kominfo, menjelaskan bahwa di kementeriannya memang masih memfokuskan tentang pembangunan broadband, hanya 2016 akan lebih fokus di bidang wireless broadband.
“Alasannya kenapa, karena fixed broadband hasil peningkatannya di 2016 hanya sedikit. Implementasi ini butuh proses yang panjang, pembangunannya lebihmahal. Namun, di tahun ini juga ada penambahan pada fixed broadband, karena the true broadband adalah fixed broadband,” jelas Rudiantara, menjelaskan.
Lanjutnya, Pemerintah melalui Kominfo akan meningkatkan wireless broadband, terutama untuk alokasi pada pita frekuensi yang tersisa. Seperti halnya pada spektrum 2.100MHz dan 2.300 MHz, yang kemungkinan akan ada alokasi di wilayah ini.
“Kemungkinan ada refarming di 2.100 dan 2.300 MHz, namun bisa saja 2,1ini dikombinasikan dengan 2,3 karena digunakan untuk 4G LTE. Karena teknologi ini ada dua,yakni TDD dan FDD. Teknologi sudah ada, perangkatnya juga, dan kemungkinan semester pertama diselesaikan,” jelasnya.
Chief sapaan akrab Rudiantara menuturkan bahwa untuk efisiensi jaringan, sebaiknya proses pembangunan dipercepat. Dan saat ini, pihak Kominfo telah menyiapkan draf atau rancangan permen mengenai infrastruktur sharing.
“Rancangan itu sedang disusun, permen mengenai Radio Active Network (RAN) sharing. Nanti akan ada dikusi grup, 14 Januari,” terangnya.
Untuk mendapatkan efisiensi jaringan, pihak Kementerian mengungkapkan bahwa kemungkinan nantinya untuk spektrum yang tersedia akan diadakan lelang untuk pengelolaannya. Hal tersebut diungkapkan agar pelaku industri, khususnya bagi operator untuk mendapatkan keuntungan pemeliharaan atau engineering benefit.
Selain itu, manfaat yang lebih besar untuk industri adalah ekosistem yang berjalan baik, karena pada akhirya akan ada carrier agregation. Sebuah teknologi yang mendukung mode jaringan Time Division Duplex (TDD) dan Frequency Division Duplex (FDD) secara bersamaan.