ArenaLTE.com – SanDisk, produsen kartu memori yang sekarang telah dimiliki Western Digital, belum lama ini mengumumkan peluncuran kartu microSD 256GB tercepat di dunia. Kartu microSD ini dirancang agar mampu merekam dan menyimpan rekaman resolusi video 4K dari smartphone, drone, action camera dan produk sejenisnya. Dengan kapasitas microSD sebesar ini, segala penyimpanan data yang sifatnya onboard dapat ditangani dengan baik.

Bagi SanDisk, produk ini bukan satu-satunya kartu microSD 256 GB yang tersedia di pasar. Rivalnya yakni Samsung sebelumnya telah menawarkan kartu microSD 256 GB dengan kecepatan yang lebih lambat dari Sandisk Extreme microSDXC UHS-I card 256 GB. Kemampuan microSD terbaru ini mencakup kinerja transfer dan menulis dengan kecepatan hingga 100 MB per detik dan 900 MB per detik, sehingga dipercaya dapat melakukan transfer film full HD (high definition) dibawah 45 detik.

sandisk_micro_sdxc_cards_678_678x452
Baca: Samsung MicroSD EVO+ Hadirkan Kapasitas 256GB dengan Banderol 3 Jutaan

Versi yang sedikit lebih murah dari kartu microSD ini sebenarnya juga telah diluncurkan dan itu lebih ke arah konsumen umum. SanDisk Ultra microSDXC UHS-I Premium Edition 256 GB memiliki kecepatan transfer hingga 95MB per detik. Sayangnya perusahaan ini belum menyebutkan kecepatan dalam menulis. Kedua kartu microSD ini dilengkapi kemampuan tahan guncangan, tahan air, suhu ekstrim dan radiasi X-ray.

Kartu microSD Extreme 256 GB ditawarkan dengan harga US$199,99 dan akan tersedia untuk pembelian pada kuartal keempat tahun ini. Sedangkan untuk seri Premium Edition ditawarkan US$ 149,99 dan akan tersedia mulai Agustus mendatang.