ArenaLTE.com – Kota Probolinggo tiba-tiba digegerkan dengan penangkapan Dimas Kanjeng Taat Pribadi, tokoh yang konon bisa menggandakan uang. Berlawanan dengan cerita takhayul tersebut, Pemerintah Kota Probolinggo justru membuat terobosan membangun kota pintar (smart city).

Bekerjasama dengan operator Indosat Ooredoo, Pemkot Probolinggo memanfaatkan solusi Kota Digital Indonesia untuk pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan ICT (Information, Communication and Technology). Solusi smart city tersebut menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien.

Hal yang menjadi fokus Pemerintah dan operator pertama adalah pembangunan command Center. Pembangunan ini  diimplementasikan oleh Pemkot Probolinggo dalam menyajikan informasi kota, lengkap dengan kemampuan analytic-nya, sehingga pemerintah kota dapat mengelola kota secara efektif.

solusi digital (1) (1) (2)
Hj. Rukmini, S.H, M.Si, Walikota Probolinggo (kedua dari kanan)

Ke depannya, platform ini juga akan mendorong integrasi aplikasi yang telah ada, sekaligus menjadi pusat data, analisa, serta pengambilan keputusan untuk  Pemerintah Kota Probolinggo.

Dengan Solusi Kota Digital Indonesia dari Indosat Ooredoo, Kota Probolinggo diharapkan dapat berkembang menjadi kota digital sesuai dengan kebutuhannya, keunikan dan keunggulan (branding untuk membawa manfaat ekonomi, pembangunan dan layanan publik yang lebih unggul.

Di saat yang sama, Indosat Ooredoo juga ikut berpartisipasi untuk mewujudkan salah satu pilar smart city yaitu membangun masyarakat cerdas atau smart society. Langkah konkretnya dengan menghadirkan perpustakaan digital i-Library dan menyumbangkan koleksi buku digital yang dapat diakses masyarakat Probolinggo secara gratis.

Baca :
Twitter Kemala, Warga Jateng Kini Bisa Dapat Layanan Pemerintah Lebih Cepat
Lewat Layanan IoT, Kita Bisa Kontrol Segala Hal Dari Smartphone
Eropa Uji Coba Drone & LTE untuk Manajemen Lalu Lintas Kota Pintar

“Penandatanganan MoU smart city ini adalah bukti bahwa kami sangat peduli untuk memenuhi kebutuhan kota dengan dukungan ICT. Ke depannya dengan penerapan konsep smart city di Probolinggo ini, Pemerintah Kota dapat memaksimalkan pelayanan menjadi lebih baik untuk seluruh masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” ungkap Hj. Rukmini, S.H, M.Si, Walikota Probolinggo

Dengan Solusi Kota Digital Indonesia, pembangunan nasional melalui penerapan smart city di Indonesia Indosat Ooredoo berharap dapat menyediakan berbagai solusi pemerintah kota dan juga masyarakatnya dengan segera mendapatkan manfaat  secara nyata berupa tata laksana pemerintahan yang baik, pelayanan yang tepat dan cepat, menghemat biaya, dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Herfini Haryono, Director & Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, mengatakan sebagai penyedia solusi ICT, pihaknya berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam melayani kebutuhan bangsa, negara dan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik.

Solusi Kota Digital Indonesia merupakan jawaban Indosat Ooredoo dalam mengimplementasikan smart city yang merupakan gebrakan menuju masyarakat pintar yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, dan lebih transparan. “Dengan penandatanganan MoU ini, Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota Probolinggo akan bersama-sama memulai transformasi menuju kota digital, kota cerdas, ” pungkas Herfini.