Lewat Layanan IoT, Kita Bisa Kontrol Segala Hal Dari Smartphone

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - XL Axiata Tbk (XL) tak mau sekadar berdiam diri seiring dengan perkembangan teknologi digital yang melesat cepat. Operator ini cekatan terjun ke dalam bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini. Salah satunya dengan fokus mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT menyuguhkan produk andalan yakni Yubox, Savvy Smarthome, Smartcity dan Agnosthing. Targetnya tahun ini, menambah 200 ribu pelanggan baru.

Menurut Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani di sela-sela update informasi seputar iOT yang digelar di kawasan Mega Kuningan, Jakarta (6/4/2016) adalah tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. “Layanan IoT muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hampir semua sektor bisnis,” ujarnya.

Ia menambahkan jika layanan IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan. Seiring dengan hal itu, pihaknya menpersiapkan beberapa produk untuk menghadapi 2016.

Pertama adalah Yubox, solusi yang bisa menyediakan koneksi internet wifi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara gratis. Saat ini  Yubox sedang di uji coba pada sarana transportasi umum kereta api, bus, serta armada “GrabCar” dari Grab Indonesia.

Kemudian Savvy Smarthome yang bisa menghadirkan menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah. Saat ini, layanan iOT ini sedang ujicoba di apartemen The Residence at Synthesis Square dan akan dikembangkan juga untuk Apartemen Bassura City.

Ketiga Smartcity berupa platform yang mempermudah pemerintah daerah dan warganya untuk mengakses informasi seputar kebijakan pemerintah setempat mengenai berbagai sektor, kondisi kota, layanan publik, termasuk juga upaya menggalang partisipasi publik dalam proses pembangunan daerah.

Dan tak ketinggalan layanan Agnosthings. Solusi ini berupa platform yang menyediakan semua kebutuhan pelanggan (e2e solution). Melalui solusi ini, pelanggan atau masyarakat akan bisa mengetahui informasi seputar kota, seperti antara lain lokasi rumah sakit terdekat, kantor polisi, halte bus, stasiun kereta, dan juga kantor layanan publik, semacam kantor pajak, layanan listrik dan air.

Rafael mengungkapkan XL menargetkan meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT tahun ini. Hingga kuartal pertama 2016, layanan IoT XL memiliki sekitar 650 ribu pelanggan. Sebagian besar merupakan pelanggan dari lini bisnis, terutama sektor otomotif, utility, serta finansial dan perbankan. Ada 6 produk yang sudah ditawarkan, yaitu Yubox, SIMPLY, SAVVY Smarthome, Multi Carrier Access (MCA), XLocate, dan Xmart City.

 

Leave a Comment