ArenaLTE.com – Berkembangnya teknologi memang mempermudah para penggunanya, termasuk kepada aktivitas transaksi jual-beli. Doku salah satu penyedia layanan pembayaran elektronik Tanah Air menyebut bahwa melaui aplikasi besutannya, para pengguna bisa melakukan banyak transaksi di ribuan merchant secara online dengan sistem layanan Pembayaran via Barcode atau PayByQR.

Menurut perusahaan, kemudahan dalam sisten finansial memang telah menjadi program banyak pihak baik oleh Pemerintah maupun Perbankan. Doku pun mengungkapkan bahwa kerja sama yang dilakukan dengan Dimo adalah bagian dari program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), untuk memberikan proses atau layanan transaksi secara digital dan lebih mudah.

“Solusi pembayaran via Barcode ini merupakan alternatif pembayaran baru yang efisien, efektif dan aman untuk masyarakat Indonesia. Sistem ini terintegrasi dengan uang elektronik DOKU sehingga dapat langsung digunakan sebagai sumber dana atau berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) dalam bertransaksi,” ujar Himelda Renuat, CMO PT. Nusa Satu Inti Artha (DOKU).

doku_2 (2) (1)

Ia menuturkan bahwa Doku dapat digunakan di ribuan merchant offline bertanda PayByQR. Sehingga pengguna uang elektronik Doku punya lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi di merchant offline. Hal ini adalah langkah setelah sebelumnya Doku digunakan pada seluruh Alfa Group Indonesia dengan menggunakan metode online token.

Baca :
Ekspansi Pasar ke Tiongkok? Merchant Doku Bisa Manfaatkan Platform China UnionPay
BCA Life Lakukan Digitalisasi Operasional Bisnisnya

“PayByQR dari Dimo adalah teknologi pembayaran via barcode yang memungkinkan penggunaan perangkat mobile untuk dapat melakukan transaksi pembayaran digital dengan cara yang sederhana cepat dan aman, “ujar CEO PT Dimo Pay Indonesia (PayByQR), Brata Rafly.

Brata menegaskan bahwa Produk PayByQR dari Dimo dapat dihubungkan ke semua sumber dana apapun guna mendukung mobile usersakses untuk dapat melakukan transaksi non-tunai, kapanpun dan dimanapun. Inilah keunggulan konsep agnostik yang diciptakan oleh Dimo. Fleksibilitas pengadopsian teknologi ini memungkinkan semua pihak dapat dengan mudah mengadopsi transaksi non tunai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Kerja sama dengan Doku sendiri diungkapkan berata adalah wujud dari salah satu misi Dimo dalam menciptakan ekosistem pembayaran non tunai yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat dan juga bentuk dukungan kami ke pemerintah dalammewujudkan cashless society di Indonesia.

“Transaksi menggunakan PayByQR di aplikasi DOKU sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi DOKU, meng-klik ikon Scan QR lalu mengarahkan kamera smartphone untuk memindai QR code yang ada di struk yang diberikan oleh kasir. Setelah itu muncul layar konfirmasi pembayaran lalu klik bayar dan tinggal masukkan pin. Praktis dan tidak ribet,” tambah Himelda.