ArenaLTE.com – Pengangguran masih menjadi salah satu masalah terberat yang harus dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia. Peluang pekerjaan yang tersedia masih belum sanggup memenuhi tingginya jumlah penduduk dan jumlah angkatan kerja di negara ini. Selain peluang kerja, ternyata dukungan informasi terhadap peluang pekerjaan bagi para calon pekerja juga masih sangat kurang. Hal inilah yang mendorong hadirnya Jobplanet di Indonesia.

Seperti dilansir di situs Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus 2015 mencapai 122,4 juta orang atau bertambah 510.000 dibandingkan pada periode yang sama 2014. Masih menurut BPS, jumlah penduduk bekerja pada Agustus 2015 adalah 114,8 juta orang. Dengan begitu, sekitar 7,6 juta orang atau lebih dari 6% angkatan kerja adalah pengangguran.

Meski demikian, tidak berarti 114,8 juta orang yang telah bekerja sudah merasa puas dengan pekerjaan yang telah mereka miliki. Banyak pula dari mereka yang merasa terjebak pada karier yang kurang tepat atau lingkungan perusahaan yang tidak kondusif dan ingin memperbaiki karir kerja mereka ditempat lain.

jobplanetJobplanet merupakan platform komunitas untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan review mengenai seluk beluk perusahaan. Melalui jobplanet, para calon pekerja akan dapat memperoleh berbagai informasi tetang budaya, suasana kerja hingga informasi gaji dari hingga kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja sebuah perusahaan.

Kinam Kim, Regional Director Jobplanet ketika meluncurkan platform ini di kawasan sarinah, Jakarta (17/12/2015) mengungkapkan bahwa platform JobPlanet diharapkan mampu menjadi sumber informasi dan referensi bagi para pencari kerja dan karyawan yang ingin meningkatkan karir mereka.

Pada kesempatan yang sama, Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet, mengatakan bahwa selama ini banyak perusahaan yang tidak memiliki informasi atau website yang komprehensif, sehingga banyak calon pelamar yang buta tentang informasi perusahaan yang diimpikannya.

jobplanetLebih jauh, Kemas menjelaskan bahwa Jobplanet tidak hanya bermanfaat bagi calon pekerja saja, informasi yang dimiliki juga akan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam menilai tingkat kepuasan karyawan, sekaligus membandingkan kualitasnya dengan perusahaan lain yang bergerak dalam industri yang sama.

Beroperasi sejak bulan Agustus 2015, komunitas ini telah memiliki sekitar 200.000 anggota dan berhasil mengumpulkan 80.000 review perusahaan. Selain itu, Jobplanet juga telah mengumpulkan sekitar 20.000 perusahaan dalam databasenya.