Ini Dia Industri Yang Banyak Buka Lowongan Kerja Di Tahun 2017

cari-kerja-lowongan-kerja-di-tahun-2017
ArenaLTE.com - Banyak orang menjadikan momen tahun baru untuk mencari kesempatan kerja di tempat yang baru dan mengembangkan karier di tempat yang lebih baik. Namun industri apa sajakah yang banyak buka lowongan kerja di tahun 2017 ini?
 
“Berdasarkan analisis Jobplanet, lima industri yang paling banyak membuka kesempatan bagi para pencari kerja dalam tiga bulan pertama di tahun 2017 adalah industri manufaktur, industri pelayanan, industri ritel dan distribusi, industri teknologi informasi (TI), serta industri konstruksi dan bangunan,” papar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.
 
Perlu diketahui, konten lowongan kerja di tahun 2017 yang dipasang di Jobplanet.com sejak Januari hingga pertengahan Maret 2017 berjumlah sekitar 11.000. Dalam persentase, industri yang paling banyak membuka lowongan kerja dalam periode tersebut adalah industri manufaktur (21%) dan industri pelayanan (21%), diikuti oleh industri ritel dan distribusi (19%), industri TI (13%), serta industri konstruksi dan bangunan (7%).

Sementara itu, jenis-jenis pekerjaan yang lowongannya paling banyak dibuka adalah pekerjaan yang berhubungan dengan bidang pemasaran atau marketing (11,8%), keuangan dan akuntansi (11,7%), penjualan atau sales (10,3%), administrasi (10,3%), serta TI (8,4%).

cari-kerja-lowongan-kerja-di-tahun-2017

lowongan kerja di tahun 2017 di di bidang pemasaran misalnya, mencari tenaga telemarketing, analis pasar, digital marketing specialist, dan staf pemasaran produk. Lowongan di bidang keuangan dan akuntansi, antara lain dibuka untuk posisi akuntan, auditor, dan teller bank.
 
Di bidang penjualan, lowongan kerja di tahun 2017 yang paling banyak dibuka antara lain untuk posisi staf sales executive dan sales ritel. Lowongan kerja di di bidang administrasi, antara lain untuk posisi staf admin dan sekretaris. Sementara lowongan kerja di bidang TI di antaranya untuk  posisi web developer, desainer grafis,  IT planner, dan data analyst.

Industri yang diminati pencari kerja

Dalam risetnya ini, Jobplanet juga menganalisis industri apa saja yang diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017. Analisis dilakukan berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman informasi lowongan kerja di Jobplanet.com.
 
Jobplanet menemukan bahwa lima industri yang paling diminati oleh pencari kerja selama Q1-2017 adalah industri manufaktur (29%), pelayanan (20%), ritel dan distribusi (14%), TI (8%), serta perbankan dan keuangan (8%).
 
“Meski tak banyak membuka lowongan pekerjaan, industri perbankan dan keuangan termasuk dalam industri yang paling diminati oleh pencari kerja. Banyak orang memandang perbankan sebagai industri yang bergengsi serta memberikan kesejahteraan dan paket kompensasi yang menarik bagi karyawannya,” pungkas Kemas.

Leave a Comment