Cari Kerja Online Di Perusahaan BUMN? Cek Dulu Info Berikut

perusahaan_BUMN
ArenaLTE.com - Beberapa bulan terakhir perusahaan BUMN di Indonesia membuka lowongan kerja bagi lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan S-1 untuk beragam posisi dan latar bidang pendidikan. Di antara mereka adalah, PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Hal ini tentu merupakan kabar gembira bagi para pencari kerja, terutama yang memiliki cita-cita bekerja di perusahaan BUMN.
 
Terkait dengan hal tersebut, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, merilis hasil risetnya tentang daya tarik perusahaan BUMN di mata pencari kerja. Riset dilakukan terhadap data yang dihimpun melalui Jobplanet.com di sepanjang kuartal kedua tahun 2017 (Q2-2017) atau selama April hingga Juni 2017.
 
“Berdasarkan riset tersebut, kami merilis daftar perusahaan BUMN yang paling diminati dan paling banyak dicari informasinya di situs Jobplanet.com selama Q2-2017. Dari riset ini, kami juga menemukan bahwa terlepas dari apakah mereka membuka lowongan kerja atau tidak, Pertamina, Bank Mandiri, BRI, dan Telkom, masih terus menarik perhatian pencari kerja dan pengguna Jobplanet,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

perusahaan_BUMN

Perusahaan BUMN yang paling diminati pencari kerja

Berdasarkan jumlah kunjungan ke laman-laman perusahaan BUMN di situsnya, Jobplanet menemukan 15 perusahaan BUMN yang paling banyak dicari informasinya di Jobplanet.com. Mereka adalah:
 
1.     PT Pertamina – 9,92% 
2.     PT Bank Mandiri Tbk – 4,57%
3.     PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) – 4,35%
4.     BPJS Ketenagakerjaan (dulu PT Jamsostek (Persero)) – 4,12%
5.     PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) – 3,70%
6.     PT Asuransi Jiwasraya – 3,16%
7.     PT Permodalan Nasional Madani (PNM) – 3,10%
8.     PT Garuda Indonesia Tbk – 2,93%
9.     PT Kereta Api Indonesia (Persero) – 2,37%
10.  PT Bank Mandiri Taspen Pos – 2,36%
11.  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) – 2,33%
12.  PT Adhi Karya Tbk – 2,09%
13.  PT Bank Tabungan Negara (BTN) – 2,07%
14.  PT Bank Negara Indonesia (BNI) – 1,80%
15.  PT Pindad (Persero) – 1,79%
 
Daftar tersebut menunjukkan bahwa perusahaan BUMN yang memiliki daya tarik terbesar adalah yang bergerak di bidang perbankan dan migas (minyak dan gas).
 
“Jika diperhatikan, sebanyak 15,15% dari total jumlah kunjungan ke seluruh laman perusahaan BUMN di Jobplanet.com mengarah ke laman lima bank BUMN ternama di Indonesia, diikuti dengan 9,92% kunjungan ke laman PT Pertamina yang merupakan perusahaan migas terbesar di Tanah Air,” ujar Kemas.

Hal-hal yang menjadi daya tarik

Berdasarkan berbagai review yang diberikan oleh para karyawan di berbagai perusahaan BUMN di atas, Jobplanet menyimpulkan bahwa tunjangan serta fasilitas yang diberikan kepada karyawan menjadi daya tarik utama dari perusahaan BUMN. Tunjangan-tunjangan tersebut termasuk tunjangan asuransi dan kesehatan, tunjangan pensiun, serta dukungan untuk pengembangan diri bagi karyawan.
 
Selain tunjangan dan fasilitas, hal lain yang menjadi kelebihan perusahaan BUMN di mata karyawan adalah lingkungan kerja yang nyaman, serta budaya dan manajemen yang telah tertata.

Leave a Comment