Samsung Ajukan Paten untuk Sistem Dual Camera, Seperti Apa?

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Trend dual camera masih berlanjut dan menggiring Samsung untuk ikut terjun ke dalamnya. Bahkan, sang vendor belum lama ini mengajukan permohonan paten untuk dual camera yang sepertinya bakal ditanamkan dalam perangkat masa depan mereka. Hmmm, menarik.

Permohonan paten Samsung yang dipublikasikan oleh USPTO tersebut mengungkap rencana sang vendor untuk setup dual camera. Permohonan itu sendiri diajukan pada Maret 2016 lalu, namun datanya baru terungkap ke hadapan publik beberapa hari yang lalu.

Aplikasi atau permohonan paten tersebut diberi judul “Digital Photographing Apparatus and Method of Operating the Same”. Memperlihatkan sebuah sistem dari dua kamera; satu kamera memiliki lensa wide angle sementara yang lain memiliki lensa telephoto.

samsung paten 3 samsung paten 1 samsung paten 2Nah, lensa kedua tersebut bisa menjepret gambar zoom-in dari subyek yang tengah difoto. Kemudian sebuah prosesor akan digunakan untuk menentukan kamera mana yang dipakai memotret ‘gambar utama’ berdasarkan gerakan dari subyek.

Jika kecepatan subjek lebih tinggi dari batas yang telah ditentukan, prosesor akan memprioritaskan kamera wide-angle, dan jika subjek bergerak lebih lambat dari kecepatan yang telah ditetapkan, gambar telephoto akan menjadi pilihan utama.

Sebagai tambahan, permohonan paten tersebut menjelaskan kemungkinan dimana gambar dari kedua kamera akan tertampil di layar perangkat. Gambar utama ditampilkan dalam layar penuh, sementara gambar keduanya tetap tertampil dalam skema picture-in-picture.

Baca juga:
Mengenal Perbandingan Teknologi Kamera Ganda di Smartphone
Clear Sight, Teknologi Kamera Ganda Terbaru dari Qualcomm
Resmi Diluncurkan, Ini Fitur Unggulan Samsung Galaxy A7 (2017)



Permohonan paten itu juga memperlihatkan bahwa komposisi kamera ganda tersebut bisa dipakai untuk video. Dimana prosesor terintegrasi bisa mengatur secara bergantian gambar utama secara otomatis. Jika prosesornya bisa bisa menukar gambar utama secara dinamis bakal sangat menarik. Gambar akan memakai camera close up untuk subyek yang bergerak lambat, kemudian beralih ke kamera wide-angle saat subyek bergerak dengan cepat.

Tapi masih belum jelas bagaimana dan kapan konsep dual camera ini menyisip ke dalam jajaran smartphone Samsung. Kendati begitu, langkah Samsung ini layak mendapat sorotan, karena konsep yang disuguhkan sangat inovatif.

Leave a Comment