Inilah Smartphone 3G Harga 1 Jutaan Terbaik

ArenaLTE.com - Gemuruh layanan 4G LTE memang semakin menggema. Para operator berlomba-lomba menghadirkan teknologi jaringan generasi keempat dengan berbagai inovasinya. Begitupun dengan produsen handset yang mulai memperbanyak lini produk berbasis 4G LTE. Meski demikian, harus diakui untuk saat ini layanan tersebut masih terbatas sehingga belum bisa dinikmati semua kalangan. Beberapa vendor pun ada yang masih menunggu layanan tersebut benar-benar siap.

Dari riset kecil yang dilakukan penulis, kebanyakan konsumen masih belum terlalu aware terhadap 4G LTE. “Perlu 3G yang merata sudah cukup. Karena di Jakarta aja masih sering dapat EDGE alias 2,5G,” ujar Gunarto, karyawan swasta yang tinggal di Bintaro. Hal senada diucapkan oleh Yudhi, professional IT yang bekerja di bilangan Tanah Abang. “Perlunya sinyal yang merata dan stabil. Karena Indonesia bukan cuma Jawa, apalagi Jakarta,” sergahnya.

Memang benar, yang paling dibutuhkan oleh konsumen adalah kualitas jaringan yang cepat, stabil dan merata. Mereka perlu bukti yang lebih dari sekadar jargon-jargon marketing. Secara teori dan teknis, seharusnya dengan layanan 4G LTE kebutuhan dasar layanan internet tersebut bisa lebih mudah terpenuhi. Namun, karena masih perlu waktu yang tidak sebentar untuk penyebaran jaringan 4G, maka smartphone 3G saat ini masih relevan untuk dimiliki.

Bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan budget pas-pasan, berikut ini rekomendasi smartphone 3G harga 1 jutaan terbaik yang saat ini beredar di pasar.

1. Axioo Picophone M4P


Axioo-M4P
Inilah sang pendatang baru yang tampil gemilang. Produk terbaru besutan vendor asal Indonesia ini merupakan varian tertinggi dari seri PICOphone M4. Sebagai yang terbaru, PICOphone M4P mendapat banyak penyempurnaan dibanding pendahulunya seperti seri Picophone M3 dan Picophone M4U. Sehingga tidak heran jika mereka mengklaim smartphone ini memberikan performa terbaik dan optimis produk ini akan laris di pasar.

Axioo PICOphone M4P terlihat memikat dengan desain yang terlihat berkelas. Kualitas layarnya cukup impresif dengan ukuran 5 inci dan resolusi HD 1280 x 720 Pixel serta panel IPS LCD. Begitupun dengan kamera utama 8 MP dan kamera selfie 5MP yang menghasilkan foto berkualitas prima. Pengguna bisa melakukan berbagai hal, disokong chipset Spreadtrum SC7731 dengan prosesor Quad Core 1.3GHz ARM CortexTM-A7 dan RAM 2GB, serta system operasi teranyar Android 5.1 Lollipop yang menghadirkan kinerja cepat nan mulus.  

2. Advan S5J


Android Advan S5J
Smartphone 3G harga 1 jutaan memang banyak diincar konsumen. Karena sudah menawarkan spesifikasi cukup bagus dengan harga terjangkau. Di kelas ini, Advan mengandalkan seri Advan S5J. Smartphone ini sudah mengusung prosesor Quad Core dengan layar sebesar 5 inch dan memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel. Kualitasnya cukup bagus dan natural berkat penggunaan layar IPS LCD.

Pada bagian dapur pacunya, Advan S5J memakai prosesor Cortex A7 Quad Core 1.3 GHz dan RAM 1GB. Namun sayangnya, smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean. Sedangkan untuk kamera sendiri sudah tersedia 2 kamera. Untuk kamera utama yang berada di belakang memiliki resolusi 8 MP dan bagian depan 2 MP dengan hasil yang cukup baik. Konektivitasnya tergolong lengkap dengan dukungan seluler 3.5G, Wi-Fi, dan USB.  

3. Samsung Galaxy J1


Samsung Galaxy J1
Sebagai market leader, tidak heran Samsung berambisi untuk menguasai semua segmen smartphone dari yang termurah sampai termahal. Di kelas entry level,  raksasa elektronik asal Korea Selatan tersebut mengajukan Samsung Galaxy J1 sebagai smartphone 3G harga 1 jutaan terbaik. Samsung Galaxy J1 telah hadir di Indonesia sejak Maret 2015 lalu. Ponsel ini hadir membawa luas layar 4.3 inchi beresolusi 480 x 800 pixels serta kepadatan layar ~217 ppi pixel density.

Kamera utama Samsung Galaxy J1 hanya memiliki sensor 5 MP yang sudah didukung oleh berbagai macam fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus & face detection. Kualitas kamera tergolong standar. Urusan kinerja, pada tubuh smartphone Samsung Galaxy J1 telah ditanami chipset Spreadtrum serta ditenagai oleh prosesor bertenaga Dual-core 1.2 dengan kecepatan GHz Cortex-A7. Sementara system operasinya masih menggunakan versi Android 4.4 Kitkat. Nilai jual dari smartphone entry level ini adalah nama besar Samsung yang membuat pengguna merasa peace of mind.
 

  • Harga Samsung Galaxy J1: Rp 1.425.000

  • Baca: Spesifikasi Samsung Galaxy J1


  •  
 

4. Asus Zenfone C


Asus Zenfone C
Pabrikan komputer asal Taiwan ini semakin agresif memperkuat pasar smartphone dengan merilis banyak produk berkualitas harga terjangkau. Salah satunya adalah Asus Zenfone C yang siap bersaing di kelas smartphone Android entry level. Smartphone ini telah dibekali layar seluas 4.5 inches dengan resolusi 480 x 854 pixel berteknologi IPS LCD.

Berbeda dengan kakaknya Zenfone 5 yang memiliki kualitas kamera bagus, fitur kamera Asus Zenfone C bukanlah yang diunggulkan. Kamera depan hanya berkualitas VGA, sedangkan kamera belakang berukuran 5MP. Sedangkan di bagian jeroannya, sebagaimana saudaranya, Asus Zenfone C dibekali chipset Intel Atom Z250 dengan prosesor Dual-core 1.2 GHz dan RAM 1GB yang dikombinasikan prosesor grafik PowerVR SGX544MP2. Sistem operasinya memakai Android 4.4 KitKat.  

5. Evercoss One X


evercoss one x
Smartphone yang dirilis bersama Google pada bulan Februari lalu ini cukup laris di pasaran dan menjadi salah satu andalan Evercoss. Masuk ke dalam smartphone 3G harga 1 jutaan terbaik, Eveross One X menggunakan sisem operasi terbaru Android Lollipop 5.1 yang menghadirkan kinerja mulus. Dapur pacunya memakai chipset Mediatek MT6582 dengan prosesor Quad-Core 1.3 GHz Cortex A7 dan RAM 1GB.

Di bagian layar, pengguna disuguhi oleh kualitas berteknologi IPS LCD berukuran 4,5” dengan resolusi 854 x 480 pixel. Bagi yang gemar memotret, pada Evercoss One X telah tersedia kamera utama 5 megapiksel disertai Flash dan kamera sekunder 2 MP. Walaupun seadanya, kualitasnya sudah mencukupi kebutuhan dasar untuk mengabadikan momen.








 
KESIMPULAN
Dari lima produk yang diulas di atas, jelas terlihat bahwa Axioo Picophone M4P merupakan pilihan terbaik untuk smartphone 3G harga 1 jutaan. Spesifikasi produk terbaru besutan Axioo tersebut unggul dalam beberapa hal dibanding kompetitornya. Sehingga layak untuk diberi predikat sebagai "Best 3G Smartphone of the Month".

Leave a Comment