Uji Jaringan 4G LTE di KRL Commuter Line Bekasi - Jakarta (Bagian 3: Habis)

ArenaLTE.com - Sekarang kita memasuki bagian terakhir dari serial network drive test 4G LTE di jalur KRL Commuter Line Jabodetabek. Kami menguji lima operator seluler berlisensi nasional yang telah menggelar layanan 4G LTE di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri. Smartphone yang dipakai adalah Hisense Pureshot. Uji jaringan dilakukan dengan aplikasi nPerf, yang bisa menunjukkan kualitas dan kekuatan sinyal sepanjang jalur pengujian.

Pada artikel sebelumnya, kami telah mengulas hasil pengujian kecepatan internet di jalur kereta api Serpong – Jakarta pada bagian 1 dan KRL jalur Bogor – Jakarta Kota pada bagian 2, kini giliran untuk KRL Commuter Line jurusan Bekasi - Jakarta. Berikut hasilnya.

Stasiun Bekasi
Sta-BekasiKarena jalan raya yang macet dan panas di Bekasi, untuk mencapai tujuan ke Jakarta butuh waktu berjam-jam. Sehingga daerah ini pernah disindir dengan sebutan Planet Bekasi. Oleh sebab itu, KRL Commuter Line menjadi solusi alternatif transportasi bagi warga untuk bepergian ke Jakarta. Di sini ada Stasiun Bekasi yang setiap harinya melayani ribuan penumpang komuter dengan tujuan Jakarta maupun ke arah timur (Cikampek sampai Purwakarta).

Bagaimana kualitas jaringan internet operator seluler di sini? Telkomsel tampil mengesankan dengan kecepatan download paling tinggi, jauh meninggalkan rivalnya yakni 45,75 Mbps dan upload 19,58. Sementara itu di posisi runner up ada XL Axiata yang menyajikan download 8,73 Mbps dan upload bersaing dengan Telkomsel yakni 18,74 Mbps. Disusul dengan Smartfren di posisi ketiga dengan hasil 17,58 Mbps (download) dan 8,48 Mbps (upload).

Sementara itu di posisi keempat ada Indosat Ooredoo yang pada pengujian tidak bisa menangkap sinyal 4G LTE sehingga hanya menghasilkan kecepatan 7,61 Mbps download dan 1,15 Mbps upload. Seperti biasa, Tri selalu puas di posisi terakhir dengan download hanya 1,04 Mbps dan upload 0,92 Mbps. Sangat rendah jika dibanding rivalnya karena di sini operator tersebut hanya mampu mendapatkan sinyal 3G.

Stasiun Jatinegara

Jatinegara

Memasuki Jakarta di Stasiun Jatinegara, kualitas jaringan operator justru menurun jika dibandingkan dengan di Bekasi. Dari pengujian kami, tidak ada yang mampu menembus angka 40 Mbps. Skor tertinggi diperoleh Smartfren yang hanya menghasilkan kecepatan download 12,02 Mbps dan upload 2,13 Mbps. Diikuti oleh Indosat Ooredoo dengan kecepatan download 9,04 Mbps dan upload 3,53 Mbps.

OPPO Power Bank BY105+

  • Power bank berkapasitas 4.000 mAh yang cerah dan simpe. Yang pasti cocok untuk Anda
  • Dilengkapi segel iLike, Baterai Polimer kelas tinggi menjadi semakin terjamin kualitasnya!
  • Teknologi Canggih dan Bahan Berkualitas Menjadi Satu!
  • Pilihan warna: White, Blue, Pink
  • Dengan tebal 8.9mm, pastinya muat di kantong jeans!


    Dapatkan harga spesial di sini!


Di posisi ketiga, ada Telkomsel yang bisa mengunduh data dengan kecepatan 8,66 Mbps dan upload 1,63 Mbps. Kemudian Tri yang hanya menghasilkan kecepatan 0,63 download dan 1,25 upload. Entah kenapa, ketika kami menguji jaringan XL dengan aplikasi nperf di stasiun ini, beberapa kali percobaan gagal terhubung ke server. Sehingga memutuskan untuk menggunakan aplikasi Speedtest. Ternyata hasilnya kurang memuaskan yakni hanya 0,08 Mbps untuk download dan 0,02 upload. Mungkin saja pada waktu itu kondisi jaringannya sedang penuh diakses pengguna atau faktor lain.

Stasiun Manggarai

Operator-Manggarai-okStasiun Manggarai memegang peranan penting sebagai stasiun transit yang menghubungkan beberapa wilayah jalur Commuter Line ke arah Serpong, Bekasi, Tanah Abang, Jatinegara, Tangerang hingga Bogor. Smartfren 4G LTE jadi jawara di stasiun Mangarai dengan kecepatan akses internet hingga 40 Mbps, sangat jauh dibandingkan dengan operator lainnya.

Di posisi kedua, jaringan 4G LTE XL Axiata unjuk gigi dengan kecepatan 18,43 Mbps. Berlanjut dengan Telkomsel 13,28 Mbps, dan Indosat 5,89 Mbps. Sedangkan operator Tri yang berhasil mendapatkan sinyal 4G LTE nya di area ini menyentuh kecepatan 7,28 Mbps. Untuk performa streaming semua operator menunjukkan angka yang baik dengan performa rata-rata 90%.

Stasiun Kota

Operator Kota OK

Stasiun Kota selain menjadi tujuan akhir penumpang KRL Commuter Line juga menjadi pusat bisnis dan perjalanan kereta api ke luar kota seperti kerawang dan pulau Jawa lainnya. Di Stasiun kota yang hampir tak pernah sepi ini, layanan 4G LTE dari semua operator sudah bisa diakses, namun lagi-lagi 4G LTE Tri belum bisa diakses. Kecepatan 4G LTE dua operator menyentuh angka lebih dari 10 Mbps, Indosat menjadi paling cepat dengan akses download 16,48 Mbps dan Smartfren 4G 12,87 Mbps.

Layanan 4G LTE Telkomsel dan XL sepertinya di Stasiun Kota ini kurang prima karena hanya menyentuh kecepatan 7,14 Mbps dan 4,28 Mbps bahkan mirip dengan operator Tri yang meskipun hanya mampu menangkap jaringan 3G+ (HSPA+) namun berhasil menyentuh kecepatan download 3,26 Mbps. Untuk indikator lain kecepatan browser dikuasai oleh Smatfren dan XL 4G LTE dengan performa lebih dari 60% sedangkan untuk performa streaming Smartfren dan Indosat sangat baik dengan performa diatas 90%.

Leave a Comment