Uji Jaringan 4G LTE di Jalur KRL Jabodetabek (Bagian 1)

ArenaLTE.com - Operator mengklaim telah merentangkan sayap, memperluas cakupan layanan 4G LTE mereka di kota-kota besar Tanah Air. Ibu kota dan sekitarnya tentu saja menjadi sorotan, lantaran pelanggan potensial banyak tersebar di area ini. Suka atau tidak suka, operator ‘wajib’ memberikan layanan terbaiknya di wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.

Nah, untuk mengetahui kualitas dan coverage 4G LTE operator di wilayah ibu kota dan sekitarnya, redaksi ArenaLTE.com pada Jum'at (3/6/2016) melakukan pengujian. Sebagai salah satu spot yang kerap disesaki pengguna smartphone, stasiun kereta api menjadi prioritas dalam pengujian kami kali ini.

Kami menguji lima operator seluler berlisensi nasional yang telah menggelar layanan 4G LTE di Indonesia yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, dan Tri. Smartphone yang dipakai adalah Hisense Pureshot. Uji jaringan dilakukan dengan aplikasi nPerf, yang bisa menunjukkan kualitas dan kekuatan sinyal sepanjang jalur pengujian.

test-drive-4g-lte

Artikel ini dibuat berseri yang terbagi menjadi tiga bagian. Untuk bagian pertama kami akan mengulas pengujian yang dilakukan dari jalur kereta api Serpong - Jakarta. Berikut beberapa hasil test di sejumlah titik stasiun:

Stasiun Serpong

SerpongBagi warga Tangerang Selatan khususnya Serpong yang ingin bekerja di Jakarta, bisa memulai perjalannya dari Stasiun Serpong. Pada pengujian yang kami lakukan di Stasiun ini, Telkomsel menjadi juara dengan skor 16.051 di mana kecepatan download maksimal mencapai 21,68 Mbps dan upload 20,69 Mbps.

Sementara di posisi kedua adalah XL Axiata yang berhasil meraih angka download 14,47 Mbps dan upload 17,36 Mbps dengan skor pengujian 9641. Operator biru ini juga meraih performa tertinggi jika digunakan untuk streaming video yakni mencapai 92,25%.

Yang mendapat hasil paling rendah adalah Tri. Jaringan 4G LTE Tri masih belum masuk di daerah Serpong alias hanya 3G WCDMA. Tak heran jika skor yang diperoleh hanya 620. Kecepatan downloadnya hanya mencapai 1,55 Mbps dan upload 1,65 Mbps via jaringan 3G+ (HSDPA+).

Stasiun Sudimara

sudimaraMelaju ke stasiun Sudimara, Indosat Ooredoo berhasil menorehkan rekor impresif sepanjang jalur Sudirman – Serpong dengan skor 32.398. Kecepatan download mencapai 43,58 Mbps sementara upload tercatat mencapai 20,64 Mbps.

Di sini, Telkomsel hanya bisa menduduki posisi kedua dengan skor 14686 di mana mampu mengunduh data hingga 19,76 Mbps dan unggah data 20,29 Mbps. Sementara itu posisi buncit lagi-lagi dipegang oleh Tri yang belum mengcover 4G LTE di Sudimara. Hasilnya, untuk download 3,49 Mbps dan upload 1,33 Mbps di jalur 3G HSDPA.

OPPO Power Bank BY105+

  • Power bank berkapasitas 4.000 mAh yang cerah dan simpe. Yang pasti cocok untuk Anda
  • Dilengkapi segel iLike, Baterai Polimer kelas tinggi menjadi semakin terjamin kualitasnya!
  • Teknologi Canggih dan Bahan Berkualitas Menjadi Satu!
  • Pilihan warna: White, Blue, Pink
  • Dengan tebal 8.9mm, pastinya muat di kantong jeans!


    Dapatkan harga spesial di sini!

Stasiun Pondok Ranji

pondok-ranjiDi stasiun Pondok Ranji, Indosat Ooredoo kembali berhasil mencatatkan skor tertinggi (9.181). Operator anak perusahaan Qatar Telecom ini menghasilkan kecepatan download tertinggi 15 Mbps dan upload 4,17 Mbps.

Telkomsel lagi-lagi berada di posisi kedua dengan skor 7472 di mana untuk download meraih angka 11,2 Mbps dan upload 8,64 Mbps. Tri masih menjadi yang paling rendah dengan skor 416. Hal ini karena jaringan yang berhasil diperoleh hanya setara 3G+ (HSDPA+). Kecepatan download yang berhasil dibukukan 1,20 Mbps dan upload 0,18 Mbps.

Stasiun Tanah Abang

tanah-abangIni adalah stasiun transit sehingga lalu lintasnya termasuk tinggi di antara yang lain. Sekaligus menjadi pemberhentian terakhir untuk KRL Commuter Line Serpong Jakarta. Sehingga operator yang bisa memberikan layanan 4G LTE terbaik di sini patut mendapat acungan jempol. Dan, juaranya adalah Smartfren dengan perolehan skor tertinggi (22.155) dimana speed download bisa mencapai 33,80 Mbps sementara upload 8,64Mbps.

Di posisi kedua adalah XL Axiata yang pencapaiannya juga tergolong impresif yakni menghasilkan skor 16109 dengan download 26,04 Mbps dan upload 16,51 Mbps. Performa yang diberikan untuk aktivitas internet pun tergolong juara yakni untuk browsing 82,55% dan streaming video 92,73%.  Tri lagi-lagi berada di posisi buncit dengan speed download pada 6,17 Mbps dan upload 1,40 Mbps. Skor yang berhasil dicatatkan 4.581. Padahal di kawasan ini sudah mendapatkan jaringan 4G LTE. Seharusnya bisa lebih baik lagi.

Stasiun Sudirman

sudirmanBagi warga Tangerang Selatan yang bekerja di sekitaran Sudirman, mau tak mau harus transit melanjutkan kereta jurusan Bogor untuk menuju ke kantornya. Hanya satu stasiun setelah Tanah Abang, kita berhenti di Stasiun Sudirman. Stasiun ini berada di pusat kota yang lokasinya berada di jalan protokol.

Alat pengukur speed test menunjukkan jika Indosat Oredoo paling ngebut (total skor 22.079) dengan kecepatan yang mencengangkan yaitu 45.16 Mbps untuk download. Sementara untuk kecepatan upload mencapai 17,31 mbps. Di posisi kedua, ada Smartfren dengan angka download 16,63 Mbps dan upload 10,79 Mbps.

Tri menjadi operator dengan performa paling lambat dengan kecepatan download hanya 1,91 Mbps sementara upload 1,59 Mbps. Di pusat kota ini, layanan 4G LTE Tri sudah bisa dinikmati walaupun kecepatannya tidak berbeda dengan 3G. Menjadi catatan penting bagi Tri untuk bekerja keras meningkatkan performanya.

 

 

Leave a Comment