XL Axiata Gelar CSR untuk Nelayan Banyuwangi

ArenaLTE.com - Melanjutkan upaya peningkatan produktivitas nelayan dengan bantuan aplikasi Laut Nusantara, XL Axiata kembali menggelar program bantuan dan pengenalan aplikasi hasil kerja bareng dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kali ini kepada 100 lebih nelayan Desa Mandar, Banyuwangi.
 
Di bawah payung program tanggung jawab sosial perusahaan itu (CSR), XL menggelar program pelatihan dan bantuan kepada para nelayan Banyuwangi, pada awal April ini. “Diharapkan dengan program ini, nantinya para nelayan bisa bekerja lebih cerdas dan produktif,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL, dalam sambutannya di acara yang digelar pada Kamis (04/04) di Banyuwangi.
 
Aplikasi Laut Nusantara ini sesungguhnya aplikasi yang keren, namun sederhana penggunaannya. Lewat aplikasi ini, nelayan akan mendapat informasi (harian) mengenai keberadaan ikan di sekitar wilayah operasi mereka. Sehingga, nelayan tak perlu lagi menduga dan mencari tempat yang sedang banyak ikannya. “Ini akan mengubah cara kerja dari mencari ikan menjadi menangkap ikan. Karena nelayan tak perlu lagi mencari-cari di mana yang banyak ikannya. Tinggal berangkat ke titik yang ditunjukkan di peta,” ujar Yessie lagi.
 
Selain informasi keberadaan ikan, aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai keadaan dan prakiraan cuaca dan angin, info pelabuhan serta fungsi GPS untuk menunjukkan arah pulang. Bahkan ada fitur penghitung BBM, berapa kira-kira BBM yang diperlukan untuk melaut.  
 
Informasi mengenai cuaca, peta ikan, pelabuhan dan sebagainya, merupakan hasil pengolahan data yang dilakukan Badan Riset dan Observasi Laut KKP, dan seterusnya dipasok ke dalam data base aplikasi. “Aplikasi ini sangat membantu, dan ditunggu banyak nelayan kecil,” kata I Nyoman Radiata, Kepala BROL KKP, yang juga hadir dalam acara tersebut.
 
Selain memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Laut Nusantara, XL juga memberikan bantuan berupa perangkat smartphone yang sudah diinstall aplikasi tersebut, berikut starterpack dan kuota data. Menurut Yessie, aplikasi yang memerlukan koneksi internet ini, efektif digunakan di laut hingga jarak 10 mil laut.


 
XL Axiata juga memberikan bantuan perbaikan dan renovasi perahu para nelayan. Mencakup perbaikan badan perahu yang bocor, layar yang rusak, serta pengecatan ulang. Uniknya, perahu-perahu tersebut dicat dengan warna identitas XL –dan juga Axis, operator subsidiary XL Axiata.

 

Leave a Comment