Xiaomi Bakal Rilis Seri Terbaru Yang Menggunakan Snapdragon 855+

ArenaLTE.com - Kemunculan Snapdragon 855 Plus rupanya memercikan peta perlombaan baru di kalangan produsen smarphone.  Setelah Asus yang menyatakan akan memakai SoC terbaru dari Qualcomm itu pada ROG Phone 2, giliran Xiaomi yang bilang SoC baru itu akan segera terpasang di lini produk Xiaomi terbaru.
 
Snapdragon 855 Plus ini memang pantas untuk memikat hati para produsen smartphone. Dia bisa memberikan “garapan” baru. Yakni, sektor gaming. Memang bukan barang baru, SD 855 Plus ini sejatinya adalah seri SD 855 yang diberi kekuatan lebih. Ada peningkatan pada kecepatan proses, mencapai 2.96 GHz, lebih cepat dibanding seri asal, yang hanya 2.84 GHz.
 
Peningkatan performa juga dilakukan pada prosesor grafis. Walau sama-sama memakai GPU Adreno 640, namun pada SoC baru ini, performanya ditingkatkan 15% lebih kuat. Driver Open GL ES diganti dengan Vulkan 1.1, yang memiliki performa 20% lebih efisien. Sejumlah software untuk menambah pengalaman gaming makin baik juga disertakan, seperti Game Jank Reducer, Game Fast Loader dan Game AntiCheat Extensions.  SoC baru ini menggunakan Hexagon 690 DSP untuk machine learning, WiFi versi 6, dan lain-lain.
 
Dengan semua peningkatan itu, Qualcomm mengklaim SoC baru ini akan sangat ideal untuk gaming. Bahkan mampu mendukung game generasi selanjutnya yang memakai platform AR (augmented reality) dan VR (virtual reality). Qualcomm menyebut, AI Engine yang dimiliki SoC ini merupakan generasi keempat, yang memiliki kemampuan processing 7 TOPs (trillion operations per second).
 
Dalam rilis resminya, Qualcomm mengatakan, SoC baru ini seperti baru benar-benar dijumpai di pasar pada akhir tahun nanti. Namun sepertinya, kalangan vendor smartphone sudah tak sabaran untuk segera memasang SD 855 Plus pada lini produk terbarunya. Yang pertama kali mengumumkan akan menggunakan SoC ini adalah Asus, untuk seri ROG Phone 2, sebuah smartphone yang memang didedikasikan untuk gaming.
 
Namun, ternyata bukan hanya Asus. Xiaomi rupanya juga tak sabar ingin menggunakan SoC Qualcomm terbaru ini. Dalam akun resminya di media sosial Weibo, General Manager Xiaomi, Lu Weibing, mengkonfirmasi pihaknya tengah menyiapkan smartphone Redmi dengan SoC SD855 Plus, seperti dilaporkan laman GizChina.com.
 
Sejauh ini, cuman itu informasi yang bertiup dari Xiaomi. Belum ada kepastian, apakah nanti SD 855 Plus akan digunakan pada serial Redmi? Atau malah Xiaomi Mi Mix 4, yang kabarnya tak lama lagi bakal meluncur. Yang pasti, smartphone baru itu bakal digaungkan sebagai smartphone gaming.
 
Kabarnya juga, Oppo tak mau ketinggalan. Lewat sub-brand-nya, Realme, Oppo mengkonfirmasi bakal hadirnya Realme seri baru yang menggunakan SD 855 Plus. Spekulasi yang beredar, Realme terbaru yang bakal mengusung SD 855 Plus itu adalah Realme X Pro.
 

Leave a Comment