Turuti Pemerintah Eropa, WhatsApp Ubah Kebijakan Penggunaan Layanan

ArenaLTE.com - Isu keamanan digital yang santer terdengar saat ini, rupanya turut membawa pengubahan kebijakan di setiap negara. Peraturan baru yang ditetapkan setiap Pemerintah di beberapa negara, juga memaksa banyak pelaku industri seperti layanan over-the top (OTT) menuruti kebijakan tersebut. WhatsApp salah satu perusahaan aplikasi messenger yang masuk dalam OTT, memaksa mengubah kebijakan baru penggunaan aplikasinya di negara Eropa.

WhatsApp kini harus mengubah peraturan penggunaan aplikasi untuk umur pengguna. Jika sebelumnya pengguna umur 13 tahun bahkan di bawahnya bisa menggunakan aplikasi tersebut, kini melalui peraturan baru yang ditetapkan Pemerintah Eropa telah mengubah penetapan tersebut. Pengguna aplikasi WhatsApp setidaknya harus berumur 16 tahun untuk bisa menggunakan aplikasi.

Seperti dilansir dari laman engadget, pengubahan kebijakan baru penggunaan layanan ini akan diterapkan dalam minggu mendatang. WhatsApp akan meminta pengguna untuk menerima persyaratan layanan baru terutama pengguna Eropa yang harus mengonfirmasi bahwa mereka setidaknya berusia 16 tahun. 

Namun, bagi pengguna yang berada di luar Eropa akan tetap berpegang pada standar saat ini, yang mengharuskan pengguna untuk tidak lebih muda dari 13 tahun. WhatsApp belum mengatakan bagaimana akan memverifikasi pengguna layanan tersebut hanya baru menetukan kebijakan baru ini saja. Pun demikian, kabarnya tak hanya WhatsApp beberapa aplikasi milik Facebook pun akan turut diterapkan kebijakan baru.

Facebook , yang memiliki WhatsApp, telah mengumumkan perubahan terkait GDPR atau peraturan perlindungan data umum terkait proses data informasi pribadi dalam produk atau layanan perusahaan. Beberapa layanan yang diminta melakukan pengubahan kebijakan penggunaan tersebut adalah Instagram , Oculus dan Facebook sendiri. Dalam posting blog , WhatsApp juga mengatakan bahwa pengguna di seluruh dunia akan segera dapat mengunduh semua data yang dikumpulkan oleh layanan perpesanan. Sebagai bagian langkah pengamanan informasi privasi pengguna dan detail informasi yang diolah perusahaan aplikasi.

Leave a Comment