Samsung Mulai Produksi Massal Panel Lipat OLED

ArenaLTE.com - Raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung, sudah mengumumkan akan merilis smartphone layar lipat perdananya, Galaxy Foold, dalam waktu dekat ini. Seiring dengan itu, Samsung juga mengumumkan sudah memulai produksi massal layar lipat OLED, yang akan dipakai pada Galaxy Fold.
 
Layar yang bisa ditekuk, tentu saja, adalah elemen terpenting bagi sebuah smartphone layar lipat. Dalam artian, smartphone layar lipat dengan konsep satu layar besar yang bisa dilipat. Bukan dua panel layar yang digabung jadi satu.
 
Samsung sudah berhasil mengembangkan layar semacam itu. Mereka menggunakan material polymer jenis baru, yang flexible seperti plastic yang bisa ditekuk-tekuk. Serta, 50% lebih tipis dibanding jenis yang biasa digunakan pada display konvensional. Yang jelas, juga harus mampu memberi tampilan sama kinclongnya dengan display lainnya. Layar Galaxy Fold sendiri disebutkan berukuran 4.6 inchi, ketika tertutup. Waktu lipatan dibuka, terhampar layar berukuran 7.3 inchi.  
 
Untuk urusan display, sejak dahulu Samsung memang terkenal jagonya. Merekalah yang pertama memproduksi panel OLED flexible untuk smartphone pada 2013 sillam.  Samsung juga juga yang pertama memperkenalkan layar OLED kecil (untuk smartphone). Produk display mereka juga dipakai untuk vendor lain, semacam Apple dan beberapa vendor asal Cina, untuk melengkapi lini produk smartphone premium mereka.
 
Kini Samsung siap memasangkan layar OLED flexible untuk smartphone layar lipat andalan mereka, Galaxy Fold.  Menurut kabar, Samsung bakal memulai penjualan Galaxy Fold di pasar global pada akhir bulan ini. Sepertinya akan mendahului peluncuran pesaing mereka, Huawei dengan Mate X yang kabarnya baru akan dirilis pada Juni mendatang. Galaxy Fold versi 5G-nya, direncanakan akan hadir di Korea pada Mei mendatang.

Leave a Comment