S-Pen Nanti Bisa Berfungsi Sebagai Kamera

ArenaLTE.com - Ingat Samsung, ingat S-Pen. Cuma Samsung yang punya device kecil berbentuk pulpen ini untuk melengkapi Galaxy Note mereka. Fungsinya, biar memudahkan pengguna mencatat di layar hape, atau menggambar skets, pengganti jari untuk menekan ikon menu, dan sebagainya.

 

Pada Galaxy Note 9, fungsi S Pen makin banyak. Benda ini bisa dipakai tombol shutter jarak jauh (ketika memotret, atau bahkan merekam video), bisa menjadi remote control memaju-mundurkan dokumen presentasi, remote control untuk memutar file music/video, dan banyak lagi –ini semua berkat ditanamkannya perangkat bluetooth pada S Pen.

 

Seakan belum puas dengan kemampuan multi guna S-Pen, Samsung kembali mengembangkan kemampuan benda kecil ini. Yaitu, sebagai kamera yang memiliki kemampuan optical zoom. Soal ini terungkap dalam dokumen paten yang didaftarkan Samsung pada Kantor Paten dan Merek Dagang AS, yang salinannya diungkapkan laman Patenly Mobile.

 

Ide ini berangkat dari persoalan seputar keberadaan kamera depan, yang seakan menjadi “kerikil” bagi kehadiran layar full view tanpa bezel. Meski sudah diakali dengan konsep notch (poni), tetap ada saja yang kurang puas. Kepinginnya layar luas yang benar-benar bebas gangguan.

 

So, Samsung merancang kamera depan yang tertanam di dalam ponsel, dipindahkan ke S Pen, dengan layar tetap sebagai view finder. Dengan konsep ini, akan didapat layar ponsel yang benar-benar bebas dari lubang kamera dan lubang-lubang lain.

 

Kamera yang ditanam di S Pen punya keuntungan lain. Bisa memakai optical zoom –seperti yang dipakai pada seri Galaxy S4. Optical zoom, dengan lensa yang bisa menjulur ke luar, memiliki kualitas tangkapan image yang jauh lebih baik dibanding digital zoom. Masalahnya, seperti yang dihadapi Galaxy S4, optical zoom memakan banyak ruang, membuat body jadi besar dan berat. Nah, dengan inovasi baru ini, didapat smartphone yang tetap sexy, namun punya kemampuan optical zoom.

 



Memang pada akhirnya, akan ada banyak tombol di S Pen. Seperti, tombol untuk mengatur optical zoom-nya. Selain dirancang untuk smartphone, disebutkan konsep S Pen baru ini juga dipersiapkan untuk bisa disertakan pada notebook dan layar desktop.

 

S Pen yang berfungsi sebagai kamera ini baru sebatas konsep yang didaftarkan Samsung di kantor paten. Belum ketahuan, kapan mau diimplementasikan, dan diproduksi secara massal untuk melengkapi lini produk Samsung masa depan.


Leave a Comment