Registrasi Baru Prabayar Tidak Membantu Tumbuhnya Pelanggan Pascabayar XL

ArenaLTE.com - Sistem registrasi Prabayar terbaru yang digaungkan Pemerintah tidak lantas membuat pertumbuhan jumlah pelanggan pasbayar operator meningkat. Padahal, sistem registrasi yang dilakukan pun tidak berbeda jauh, sama-sama memerlukan verifikasi data pribadi hingga meminta nomor identitas pelanggan. Hal ini pun terjadi pada operator GSM, XL Axiata.

Lira Viona, Group Head Premium Produk XL Axiata, mengungkapkan bahwa kenaikan pelanggan selama musim registrasi prabayar berlangsung belum ada peningkatan signifikan. Meski pun penawaran migrasi pelanggan dari prabayar ke pascabayar turut ditawarkannya.

“Belum kelihatan ada kenaikan pelanggan saat ini selama musim registrasi prabayar berjalan, kemungkinan mereka masih pada fokus di registrasi. Kita juga di pascabayar sedang fokus kepada pelanggan yang sekiranya cocok di pascabayar akan ditawarkan,” jelas Lira di sela acara pengumuman pergantian brand ambasador XL Axiata, di Jakarta.

Lanjutnya menjelaskan, Setiap bulan angka akuisisi pelanggan itu sekitar 60% dari pelanggan prabayar ke pascabayar. Karena di dalamnya ada tawaran menarik yang diberikan melalui program-programnya. “Dulu bahkan lebih banyak dari migrasi saat kita mulai, bisa mencapai 70%. Namun trennya saat ini menurun mencapai 60%. Bahkan saat kita forecast beberapa bulan lagi bisa mencapai 50%. Sisanya dari pelanggan baru yang sebelumnya memang tidak pernah memakai XL,” jelas Lira sapaan akrabnya.

Lira mengungkapkan bahwa secara nasional rata-rata pelanggan pascabayar melakukan spending pulsa itu dikisaran IDR150 ribu perbulan. Jika ditotal dari 800 pelanggan rata-rata memang diatas IDR150 ribu per bulannya spending pulsa. Hal ini turut mencatatkan pendapatan total masih diangka 3% sampai 4%, meski rata-rata secara nasional itu memang sekitar 2% sampai 3% untuk kontribusi pascabayar terhadap revenue.

“Target kita nantinya 3% sampai 5% perbulannya. Secara presentasi memang akuisinya menurun untuk pelanggan pascabayar ini, namun secara total tidak. Sebenarnya tim riset pasar kami melihat memang ada sebagian pelanggan prabayar migrasi ke pascabayar,” tegasnya.

Saat ini pelanggan XL Prioritas diungkapkan masih banyak pada paket Gold dan Platinum, pelanggannya masih 50%. Sisanya di paket lainnya. Pelanggan yang memilih paket Ultima IDR888 biasanya mereka yang mengkonsumsi paket data yang besar tiap bulannya. Untuk migrasi pelanggan prabayar ke pascabayar memang masih banyak yang memilih paket Gold.

Lira mengungkapkan bahwa XL Axiata untuk pelanggan Pascabayar Prioritas tercatatmasih di level 800 ribu, dan tahun ini mau ke level 1 juta pelanggan. Menurut Lira, akuisisi pelanggan pascabayar berbeda dengan pra bayar. Jadi ada verifikasi data pelanggan yang diperlukan, verifikasi KTP pelanggan, mewajibkan pelanggan mendaftar dengan kartu kredit untuk deposit dan hal ini yang kemungkinan menjadi faktor lambatnya penambahan.

“Makanya akuisisi pelanggan pascabayar tidak setinggi prabayar, tapi memang kualitas yang didapat dari segmen pascabayar lebih baik dari pelanggan prabayar. Kita juga buka chanel-chanel Prioritas penjualan tidak hanya dibuka di XL Center karena akan secara otomatis itu semua adalah pelanggan XL. Tetapi kita buka di ritel-ritel outlet di luar, both di Mall sehingga kita dapatkan trafik yang tidak dari pelanggan XL,” tegasnya.

Leave a Comment