Rancangan Google Pixel 4 Bocor, Bakal Tanpa Notch?

ArenaLTE.com - Notch atau poni, boleh jadi terobosan paling keren di tahun 2018 lalu. Teknologi ini seakan menyempurnakan konsep layar lebar full view pada smartphone.  Dengan notch, luas layar seakan tampil maksimal, dengan hanya menyisakan seupil ruang di jidat layar, untuk menempatkan kamera dan speaker (kadang juga flash light).
 
Namun meski sudah minimalis begitu, tetap orang kurang puas, dan ingin layar smartphone yang luas tanpa bezel, dan tanpa notch! Bagaimana bisa? Bisa saja, apa yang tak mungkin dilakukan dengan teknologi. Oppo sudah melakukannya lewat seri Oppo Find X, yang menyembunyikan kamera di balik body, dan memunculkannya dengan mekanisme geser (sliding) ketika akan digunakan.
 
Atau, seperti yang dilakukan Honor lewat seri Honor View 20, yang menempatkan lubang kamera di pojok kiri atas layar, tanpa bingkai dan notch, hanya lubang kamera saja, yang tersamarkan di antara ikon notifikasi.  
 
Nah, smartphone full view tanpa notch ini, sepertinya akan bertambah lagi dengan serial Google Pixel. Memang masih dalam tahap perancangan, namun seperti yang dilaporkan laman 91 mobiles, Google sudah mempatenkan smartphone tanpa notch ini. Diyakini smartphone itu merupakan lanjutan serial Google Pixel, karena punya bentuk dan tampilan khas keluarga Google Pixles. Kabarnya, itu akan menjadi Google Pixel 4. Rancangan ponsel ini sudah didaftarkan di World Intellectual Property Organization.
 
Dalam gambar tampak muka rancangan Google Pixel 4, tak nampak adanya notch, maupun lubang kamera seperti yang ada di Honor View 20.  Di gambar itu sepertinya Pixel 4 ini bakal punya stereo speaker, satu di taruh di bagian atas, dan satunya ada di bawah. Ini menunjukkan ponsel itu sepertinya didesain untuk mendukung aspek hiburan .
 
Sementara bagian belakang, nyaris serupa dengan Google Pixel 3. Bgian atasnya nampak adanya kamera tunggal dan LED Flash, dan juga tombol finger print di tengah-tengah panel belakang. Sepertinya, Google tetap yakin akan keunggulan lensa tunggal, dan berencana mempertahankannya pada seri yang akan datang ini.
 
Yang jadi pertanyaan, bagaimana kamera depan itu akan ditempatkan nanti? Spekulasi yang beredar menyebutkan, kamera akan berada di balik layar. Meskipun, ada keraguan soal itu, Penempatan kamera di balik layar sebelumnya sudah pernah diuji-coba. Namun ada kelemahan besar di sana, layar display ternyata menghalangi cahaya yang tertangkap kamera. Itu membuat hasil foto nampak gelap dan blur. Dan belum ditemukan solusi untuk masalah tersebut, paling tidak untuk saat ini.
 
Kemungkinan lain adalah menggunakan konsep kamera geser, seperti yang digunakan Oppo Find X. Yang ini nampaknya lebih masuk akal.  Hal lainnya adalah, Google Pixel selanjutnya ini hampir bisa dipastikan menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 855, dan akan berjalan pada Android versi paling gres, Android Q.
 
Kabarnya pula, generasi berikut dari Google Pixel ini rencananya bakal muncul pada akhir tahun ini. Namun begitu, tak bisa pula diharapkan nantinya ponsel ini sesuai dengan rancangan yang didaftarkan pada lembaga paten tersebut. Bisa jadi ada perubahan di sana-sini. Yang jelas, sangat boleh jadi di tahun 2019 ini tren desain smartphone bakal bergeser ke desain tanpa poni. Kita tunggu saja.

Leave a Comment