Tips Beli Smartphone Untuk Dipakai Buat Konten Viral

ArenaLTE.com - Akhir-akhir ini pasti Anda sering disuguhkan berbagai video singkat maupun channel YouTube dengan konten viral yang jadi bahan perbincangan. Memang kegiatan vlog maupun membuat video singkat untuk di upload ke media sosial sedang naik daun saat ini. Selain untuk iseng belaka, namun membuat konten video kreatif juga bisa mendatangkan uang lho! Jadi tak heran jika saat ini banyak orang mencoba menjadi YouTuber atau content creator yang membagikan kontennya dengan harapan bisa viral.

Untuk menunjang aktivitas Anda untuk membuat konten kreatif, smartphone dengan fitur kamera dan perekaman video yang baik tentu penting untuk dimiliki. Tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi kamera yang mumpuni untuk membuat konten kreatif.

Berikut ini ada 5 tips beli smartphone untuk Anda pakai nge-vlog atau buat konten video lucu maupun inspirasional.

1. Ada fitur Optical Image Stabilization
Tips pertama yang harus diperhatikan jika Anda ingin beli smartphone untuk nge-vlog atau buat konten kreatif adalah kehadiran fitur OIS atau Optical Image Stabilization pada kameranya.
Fitur ini berfungsi untuk menstabilkan video yang Anda rekam meski kondisi objek atau tangan Anda goyang-goyang. Hasilnya, video Anda akan tetap terlihat profesional dan juga enak dilihat.
Jika Anda sudah punya smartphone tertentu yang ingin dibeli, Anda bisa mengecek spesifikasi smartphone tersebut terlebih dahulu, apakah sudah memiliki fitur ini atau belum pada kameranya.

2. Cek nilai FPS videonya
Karena akan Anda pakai untuk merekam video untuk dijadikan konten yang di share di media sosial, Anda harus mengecek kualitas FPS atau frame rate per second smartphone yang diinginkan. Hal ini karena semakin tinggi nilai FPS maka semakin halus pula pergerakan dalam video yang direkam.
Standar FPS yang biasanya terdapat dalam smartphone saat ini adalah sebagai berikut.
 
●     720p@120/240/960fps
●     1080p@30/60fps (HD)
●     2160p@30fps (4K)

Jangan keburu khawatir jika smartphone dengan fps tinggi harganya pasti mahal. Hal ini karena saat ini ada banyak pilihan smartphone kelas menengah yang sudah dibekali fitur ini. Anda hanya harus lebih sering membandingkan spesifikasi dan harga smartphone online agar mendapatkan smartphone terbaik sesuai keinginan dan juga budget yang Anda miliki.

3. Mampu merekam video 4K
Tidak bisa dipungkiri jika resolusi sebuah video sedikit banyak juga jadi salah satu penarik minat orang lain untuk menonton suatu video. Contohnya video liburan, destinasi wisata dan juga kuliner. Semakin bening video, semakin menarik pula untuk ditonton bukan?

Maka dari itu jika Anda berencana serius dalam vlogging atau membuat konten kreatif, smartphone yang mampu merekam video 4K merupakan perangkat yang tepat untuk Anda. Meski resolusi HD juga sudah baik, namun video 4K terlihat jauh lebih menarik, tidak pecah meski di zoom berkali-kali.

Salah satu smartphone kelas menengah yang sudah mendukung perekaman video 4K adalah Samsung A51 yang kamera utamanya mampu merekam video 4K@30fps dan 1080p@30/120fps. Smartphone ini merupakan salah satu seri terbaik di lini Galaxy A keluaran Samsung.

4. Ada fitur Phase Detection Autofocus
Fitur Phase Detection Autofocus atau PDAF juga menjadi salah satu spesifikasi penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih smartphone baru. Fitur ini memungkinkan kamera mengunci fokus dengan tepat dan cepat sehingga video maupun foto yang diambil tidak terlihat blur atau tidak jelas.

Anda bisa menemukan info mengenai fitur kamera yang satu ini dengan melihat spesifikasi lengkap smartphone tersebut. Anda juga bisa membandingkan spesifikasi smartphone online untuk menemukan smartphone dengan kamera sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Perhatikan resolusi kamera depannya
Selain menggunakan kamera utama untuk merekam, namun ada kalanya kamera depan digunakan untuk merekam video diri sendiri atau ingin melakukan live di Facebook, Instagram maupun YouTube. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui resolusi kamera depan sebuah smartphone.

Saat ini, ada banyak smartphone yang sudah dibekali dengan kamera depan yang mumpuni; diatas 12MP sehingga hasil pengambilan video maupun selfie menjadi lebih berkualitas. Kemampuan merekam video kamera depan juga bisa Anda perhatikan karena ada banyak smartphone masa kini yang sudah bisa merekam video HD dengan kamera depan.
Contohnya saja Samsung Galaxy A51 yang sudah dibekali kamera depan beresolusi 32MP dan mampu merekam video beresolusi 1080p@30fps.
Itulah tadi beberapa tips membeli smartphone untuk dipakai membuat konten kreatif untuk di share ke sosial media. Jangan lupa juga untuk melihat kapasitas baterai smartphone yang Anda incar agar bisa merekam video maupun melakukan pengeditan dengan lebih leluasa. Semoga dengan info ini Anda bisa menemukan smartphone terbaik untuk kebutuhan Anda.

Leave a Comment