Tingkatkan Kualitas Kinerja Prosesor Smartphone, Samsung Gandeng AMD

ArenaLTE.com - Banyak strategi baru yang dicanangkan Samsung untuk mensukseskan bisnis smartphonenya di pasar global. Beberapa langkah signifikan diambil perusahaan untuk meningkatkan bisnisnya, seperti salah satunya meningkatkan kualitas produk. Samsung kini tengah melakukan langkah perjanjian kerjasama dengan produsen chipset AMD untuk digunakan pada chipset mobile-nya.

Samsung diperkirakan akan menggunakan linsensi produsen chipset asal Amerika, AMD, untuk menggunakan Radeon Graphics IP pada generasi smartphone-nya mendatang. Perusahaan asal Korea ini akan memanfaatkan arsitetur grafis RDNA, untuk meningkatkan kinerja lebih tinggi namun tetap mengkonsumsi daya lebih rendah.

Kerjasama dua perusahaan ini juga tercatat menjadi pertanda awal AMD berniat untuk memasuki bisnis smartphone. Sebelumnya, memang AMD telah melakukan penjualan bisnis Imageon ke Qualcomm pada 2009 lallu yang menjadi awal dasar GPU Adreno. Namun sepertinya, hal itu tidak mempengaruhi perusahaan untuk terjun langsung ke bisnis smartphone. Berharap kerjasam dengan Samsung bisa menjadi dorongan baru bagi AMD.

Berbicara soal teknologi, hasil kerjasama antara Samsung dan AMD kemungkinan adalah lisensi penggunaan grafis Radeon yang dikembangkan perusahaan. AMD akan menyesuaikan IP Radeon yang biasa digunakannya untuk PC diubah ke dalam faktor bentuk seluler. Pembuatannya pun diungkapkan akan sepenuhnya ditangani oleh Samsung LSI.

“Saat kami bersiap menghadapi perubahan teknologi yang mengganggu dan menemukan peluang baru, kemitraan kami dengan AMD akan memungkinkan kami untuk menghadirkan produk dan solusi grafis inovatif ke pasar untuk aplikasi mobile masa depan. Kami berharap dapat bekerja dengan AMD untuk mempercepat inovasi dalam teknologi grafis seluler yang akan membantu membawa komputasi seluler masa depan ke tingkat selanjutnya.” Ungkap Inyup Kang, Presiden S.LSI Samsung.

Leave a Comment