Review Gigabyte P57W V6 : Notebook Gaming dengan Desain Bersahaja

  • review-laptop-gigabyte-P57W-V6
  • review-laptop-gigabyte-P57W-V6
  • review-laptop-gigabyte-P57W-V6
  • review-laptop-gigabyte-P57W-V6
  • review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Plus

  • Desain tidak berlebihan
  • Layar yang besar dan mendukung kualitas Full HD
  • Trackpad yang luas
  • Daya tahan baterai besar
  • Kinerja yang cukup optimal untuk gaming atau bekerja
  • Port konektivitas fisik komplit

Minus

  • Bobot terlalu berat tidak mendukung mobilitas
  • Keberadaan CD-Drive yang tidak pas terletak di bawah trackpad
  • Keyboard tidak backlight
  • Harga terlalu tinggi

Score: 7.6

DESAIN
8
INTERFACE
7
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
7
ArenaLTE.com - Memang mudah untuk mencari notebook gaming yang ada saat ini, Anda akan bisa menilainya langsung karena desain muka yang disajikan produsen sudah sangat menggambarkan. Namun demikian, jika ingin memiliki notebook gaming tetapi dengan desain yang lebih lembut, maka Gigabyte P57W V6 sepertinya masih pantas untuk dilirik.

Desainnya lebih bersahaja bila dibandingkan dengan notebook gaming lainnya. Dihias dengan desain konvesional, hanya garis tegas pada bagian tepi notebook ini yang menghadirkan kesan cukup elegan. Setidaknya tidak terlihat sangar layaknya notebook gaming saat ini, meski sayangnya untuk bobotnya Anda harus bersiap memanggul berat yang mencapai 2,9 Kg.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Desain Gigabyte P57W V6 

Dalam halaman muka notebook ini, Anda hanya akan menemukan tulisan Gigabyte pada penutup layarnya, tak ada informasi sedikitpun mengenai jenis prosesor atau VGA berupa stiker yang digunakan seperti layaknya notebook yang ada saat ini.

Pun demikian, hal itu tidak membuatnya kehilangan kesan elegan karena hal tersebut tertutup dengan adanya garis tegas atau lis yang dihias warna oranye, serta lubang speaker yang besar pada bagian engsel belakang notebook ini. Kontur bodi yang dihias dengan corak garis tegas pada bagian belakang penutup, serta bentuk lancip ujung penutup layar ini pun membuatnya terlihat sangat berbeda dari laptop konvesional yang ada.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Tetapi sayangnya, dibalik tampilan elegan ini ada satu hal yang membuatnya terlihat ringkih sebagai notebook yang memiliki desain besar. Hal itu bisa terlihat dari penggunaan engsel penutup layar. Kami pernah memiliki notebook dengan engsel model seperti ini, hal itu membuatnya tak bertahan lama karena engsel tersebut lebih ringkih dan mudah patah.

Selain itu, kami juga merasakan hal yang tidak nyaman dari keberadaan CD-Room yang diletakkan persis di bawah area trackpad. Dengan keberadaan CD-Drive ini, kami seringkali menyenggol tidak sengaja sehingga mengeluarkan baki CD di dalamnya. Bahkan, saat mengangkat notebook dengan posisi menjinjingnya, CD-Room ini sering keluar seolah tak terpasang kuat pada tempatnya.

Di sisi lain, dimensinya yang besar membuat bobotnya menjadi lebih berat dari notebook konvesional yang ada. Bobot beratnya yang mencapai 2,9Kg dengan dimensinya keseluruhan 421 mm x 290 mm x 24,9 mm sepertinya membutuhkan tas notebook khusus untuk seri ini.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Keyboard Gigabyte P57W V6 

Berbicara mengenai keyboard yang disajikan seri terbaru Gigabyte ini, Anda pasti akan mudah menebak bahwa seri ini memang sepertinya khusus untuk gaming. Pasalnya, Gigabyte menghadirkan ciri tersebut melalui desain keyboard yang dibuat khusus, terutama pada desain tuts huruf ‘W, A, S, dan D’ yang selalu digunakan para gamers dalam mengarahkan tokoh jagoannya dalam game.

Desain tuts keyboard yang disajikan pada notebook ini memang bisa dibilang cukup baik. Desain khas chicklet dengan sudut yang menumpul, membantu untuk mengetik cepat tanpa harus menyentuh tombol huruf lainnya.

Beralih pada penggunaan trackpad, sebenarnya area trackpad seperti ini sudah sangat ideal karena memiliki penampang jari yang luas. Gesture untuk menavigasi pun terbilang nyaman dan tidak begitu licin, sehingga kursor mouse tidak mudah berlarian ke sembarang area desktop. Hanya sayangnya, keberadaan CD-Room yang terletak persis di bawahnnya menjadi ganjalan. Anda pastinya akan selalu menyentuh tombol tray open Drive ini secara tidak sengaja, terlebih ketika posisi badan terlalu maju kedepan sehingga akan langsung menekan tombol tersebut.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Konektivitas Gigabyte P57W V6 

Untuk lubang konektivitasnya, Gigabyte P57W V6 ini bisa dibilang sangat komplit untuk mendukung terhubung dengan perangkat lainnya. Anda bisa menjumpainya konektivitas fisik tersebut pada sisi kanan dan kiri bodi notebook.

Seperti pada sisi kiri bodi notebook, tersemat dua port USB Class 3.0 yang memang lebih cepat dalam menulis maupun membaca drive USB. Disamping konektivitas ini, ada juga port eternet RJ45 untuk menyambungkan perangkat ke internet atau untuk membuat jaringan enternet sendiri. Selain itu juga ada slot memori SD Card dan Jack Audio 3.5 MM dan MIC.

Sedangkan pada sisi kanan, Anda bisa menjumpai kembali satu port USB Class 3.1, serta konektivitas USB type-C seperti halnya pada Macbook 12 inc terbaru. Namun sayangnya, port terbaru ini tidak bisa difungsikan untuk menjadi konektor pencatu daya seperti halnya produk Apple tersebut. Pasalnya, USB type-C biasanya bisa digunakan sebagai konektivitas power atau terhubung dengan peripheral lainnya.

Tepat di sebelah lubang USB type-C, Anda bisa menjumpai port HDMI serta port VGA Analog yang bisa difungsikan untuk menggandakan layar ke monitor yang lebih luas, maupun layar televisi yang memiliki konektor yang sejenis.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Display Gigabyte P57W V6 

Gigabyte P57W V6 menggunakan dimensi layar 17,3 inci yang jelas akan membuat pengguna puas dalam menikmati keluasan layar. Hal itu pun kami rasakan saat  memutar film Full HD 1080p ‘Batman Vs Superman Dawn Of Justice’, gambar yang ditampilkan sangat terang dan menunjukkan latar yang tampak mulus.

Dalam aplikasi benchmark display, seri ini menunjukkan kecerahan layar mencapai 256 nits, lebih rendah bila dibandingkan dengan produk Asus ROG G752 yang mampu mencapai kecerahan sebesar 320 nits. Pun demikian, kemampuannya menampilkan gambar Full HD 1080p masih patut dibanggakan.

Hal lain yang kami coba adalah permainan Dota2, gambar yang disajikan terlihat terang dan tidak mempengaruhi jalannya permainan. Namun saat kami lakukan benchmark melalui GFXBench, kartu grafis dari Nvidia GeForce GTX1060 ini mendapatkan poin 19,042. Nilai yang masih dibawah standar dari Nvidia 970M yang mencapai 31,510, padahal GPU ini digunakan pada seri yang sama hanya wilayah pemasarannya di luar negeri saja.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Kinerja 

Bicara soal dapur pacu, Gigabyte P57W V6 ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7 6700HQ yang memiliki kecepatan 2,60GHz. Didukung memori RAM dengan kapasitas 8GB dan mampu memberikan kinerja kecepatan mencapai 1.060 poin, dalam perhitungan benchmark Novabench. Aplikasi benchmark ini juga mencatat bahwa kemampuan rendering grafis 3D, bisa dilakukan mencapai 151 frame per second (fps).

Untuk penyimpanannya, Gigabyte menanamkan drive dengan kapasitas mencapai 225GB dan tercatat mampu melakukan speed penulisan atau copy data sebesar 201 Megabyte per detik. Setidaknya, rangkaian dapur padu ini bisa Anda manfaatkan dengan sangat baik untuk bermain game Dota 2 dengan resolusi Full HD 1080p.

Selain itu juga, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan editing gambar melalui photoshop, serta diselingi berselancar di dunia maya dengan membuka sekitar 6 jendela tabulasi tanpa kendala. Over All, kami menyukai kinerja yang dihadirkan Gigabyte P57W V6 ini, sangat mendukung untuk seorang gamer maupun image editor dengan baik.

Berlanjut soal baterai, di ranah gaming baterai memang bisa dibilang hal yang kruasial selain dari dimensi dan teknologi layar yang diusungnya. Untuk hal ini, P57W mampu membuktikan kinerja yang sedikit lebih baik menurut kami dalam masa kerjanya. Untuk pemakaian standar, kami bisa menggunakannya lebih dari 6 jam, meski sayangnya saat dijalankan untuk bermain game dan beraktivitas online lainnya seri ini hanya bisa bertahan 4 jam.

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Value for Money

Untuk Anda pecinta notebook gaming dan berkantong tebal, kami rasa harga IDR24 juta yang ditawarkan perusahaan tentu sudah sangat sebanding. Hal ini bisa dilihat dari kinerja perangkat dan desain yang ditawarkan dari Gigabyte P57W V6. Namun sayangnya, sebagai perangkat komputasi personal yang portabel, tentu bobot mencapai 2,9Kg bukanlah hal yang bisa ditolerir karena hal ini akan sangat membebankan punggung. 

review-laptop-gigabyte-P57W-V6

Leave a Comment