Qualcomm Siapkan Chipset 215 Untuk Smartphone Low-End Dengan Fitur Quick Charge

ArenaLTE.com - Smartphone kategori low-end masih memiliki ruang yang besar di pasar, begitupun halnya dengan pasar chipset atau prosesor saat ini. Melihat masih besarnya peluang di ranah ini, produsen Chipset asal Amerika, Qualcomm, mengungkapkan ada seri terbaru dari prosesor debutannya untuk mengisi di celah kategori produk low-end melalui seri Snapdragon 215.

Melalui produk chipset di kelas low-end ini, Qualcomm memang akan bersaing dengan kompetitor terkuatnya seperti MediaTek dan Samsung. Kedua kompetitor cukup memiliki nama dan banyak didebut para produsen dalam rana smartphone kategori low-end. Sehingga Qualcomm pun sepertinya harus berhati-hati bermain di ranah kategori ini.

Chipset Qualcomm 215 diungkapkan sebagai chipset yang lebih ramah dikantong, namun memiliki peningkatan kerja lebih baik. Bila dibandingkan denga seri sebelumnya generasi 2xxx yang telah dikeluarkan perusahaan, sesri terbaru memiliki peningkatan kerja 50% lebih baik. Seri ini juga disebutkan sebagai prosesor generasi pertama yang mendukung arsitektur 64-bit.

Chipset ini juga diklaim memiliki empat inti otak ARM Cortex-A53 (kecepatan clock hingga 1.3GHz), GPU Qualcomm Adreno 308 (unit pemrosesan grafis), dan ISP ganda untuk dukungan terhadap kamera ganda. Qualcomm 215 mendukung kamera hingga 13 megapiksel, pengambilan video full HD (1080p), tampilan resolusi HD +, dual SIM dengan VoLTE ganda, Pembayaran NFC (Near Field Communications) di Android, serta Panggilan Suara Ultra HD.

Selain itu, Qualcomm juga mengklaim bahwa seri 215 ini memiliki fitur Quick Charge yang dirancang untuk bisa memberikan kemampuan pengisian daya hingga 75% lebih cepat. Menurut perusahaan sendiri, perangkat komersial pertama yang akan menggunakan chipset 215 ini akan kemungkinan tersedia pada paruh kedua 2019 yang dirilis oleh produsen smartphone rekanan.

Leave a Comment