Qualcomm Rilis SD 855 Plus. Untuk Gaming dan VR

ArenaLTE.com - Bolehlah berlomba-lomba membuat smartphone yang “ganas” dalam urusan fotografi. Namun jangan lupakan urusan gaming, yang nyatanya juga menjadi salah satu fitur paling digemari, khususnya di kalangan kaum muda. Untuk itu, Qualcomm merilis SoC baru, Snapdragon (SD) 855 Plus, yang diklaim lebih gahar dan lebih yahud untuk gaming.
 
SoC baru hasil pengembangan seri flagship SD 855 ini dilengkapi satu Kryo 485 (ARM Cortex A76-based) sebagai CPU utama, dengan clock speed 2.96GHz, tiga Kryo 485 (ARM Cortex A76-based) untuk performa dengan clocked speed 2.42GHz, dan empat Kryo 385 (ARM Cortex A55-based) untuk efisiensi yang berjalan di frekuensi 1.8GHz. –Sementara prosesor utama SD 855 hanya berjalan di 2.84 GHz.
 
Prosesor utama SD 855 Plus ini disebutkan memiliki peningkatan performa sebesar 4.2% dibanding seri pendahulu. Peningkatan performa juga diberikan pada GPU Adreno 640, yang sekarang mampu bekerja 15% lebih tinggi dibanding Adreno 640 yang dipakai SD 855.
 
Penekanan pada performa untuk gaming disediakan dengan mengganti driver Open GL ES dengan Vulkan 1.1, yang memiliki performa 20% lebih efisien. Sejumlah software untuk menambah pengalaman gaming makin baik juga disertakan, seperti Game Jank Reducer, Game Fast Loader dan Game AntiCheat Extensions.
 
SD 855 Plus juga mendukung dual 14-bit Spectra 380 ISP, memiliki modem terintegrasi Snapdragon X24 LTE, yang artinya hanya mensupport LTE. Agar bisa dipasang pada ponsel 5G, perlu modem 5G Qualcomm X50 secara terpisah –yang mungkin membuatnya berukuran lebih besar dan lebih boros baterai. SoC baru ini menggunakan Hexagon 690 DSP untuk machine learning, WiFi versi 6, dan lain-lain.
 
Dengan semua peningkatan itu, Qualcomm mengklaim SoC baru ini akan sangat ideal untuk gaming. Bahkan mampu mendukung game generasi selanjutnya yang memakai platform AR (augmented reality) dan VR (virtual reality). Qualcomm menyebut, AI Engine yang dimiliki SoC ini merupakan generasi keempat, yang memiliki kemampuan processing 7 TOPs (trillion operations per second).
 
Kedar Kondap, vice president of product management at Qualcomm, mengatakan, SD 855 Plus akan menaikkan level para gamers elit, dengan peningkatan performa CPU dan GPU. “SD 855 merupakan mobile platform kami yang paling unggul, yang dikembangkan dari flagship termutakhir kami SD 855 5G mobile platform,” kata Kedar.
 
Kabarnya, SoC baru ini bakal dipakai di ASUS ROG Phone II. Vendor asal Taiwan ini memang punya perhatian lebih pada sektor gaming.

Leave a Comment