Perbedaan Kental P30 Yang Memaksa Untuk Membeli P30 Pro

ArenaLTE.com - Memang bukan hanya Huawei yang menghadirkan dua seri yang sama dalam satu garis keluarga smartphone flagshipnya. Hal serupa juga dilakukan Samsung dengan Galaxy S10 dan S10+, serta Apple dengan iPhone XL dan XL Max. Huawei P30 dan P30 Pro dihadirkan bukan untuk saling bersaing, tetapi dibalik kehadiran dua seri secara bersamaan ini sepertinya perusahaan menginginkan konsumen untuk membeli seri teratas.

Strategi pemasaran seperti ini memang kerap dilakukan produsen untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Karena biasanya, seri teratas yang dihadirkan akan lebih memiliki fitur yang lebih kaya dan lebih banyak dibanding seri biasanya. Namun perlu diingat, Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan seri yang lebih tinggi dari dua seri yang dihadirkan bersamaan.

Perbedaan dua model dari satu seri yang sama memang harus jelas, karena harus ada perbedaan diantara keduanya dan untuk hal itu konsumen harus membayar berkisar USD200. Dan perbedaan ini lah yang terlihat seperti sedikit memaksa untuk memilih model yang lebih mahal, karena fitur yang terasa sangat berbeda. Berikut perbedaan Huawei P30 dan P30 Pro

Layar

Untuk bagian ini, Huawei P30 didesain dengan tampilan layar datar yang berbeda dari seri kakak kandungnya, P30 Pro yang dibuat dengan tepian melengkung. Memang terasa sangat kental berbeda, tetapi sebenarnya ini hanya soal desain tampilan, tidak serta merta mengubah fungsi smartphone menjadi sesuatu yang luar biasa. Jadi tidak sangat penting perbedaan ini.

Dimensi layar P30 Pro hadir seluas 6,47 inci dengan dukungan resolusi Full HD, berbeda dari seri Galaxy S10 yang hadir dengan kekuatan dukungan resolusi Quad HD. Sedangkan untuk seri P30 hadir dengan diagonal 6,1 inci dan sama dengan seri teratasnya yang hanya membawa dukungan Full HD.

Dapur Padu

Huawei P30 dan P30 Pro memiliki kesamaan soal dapur pacu dari prosesor kembangan Huawei sendiri, yakni Kirin 980. Dikemas juga dengan penyimpanan internal yang sama besar 128GB. Namun demikian, keduanya menawarkan juga varian penyimpanan 256GB. Selain itu, Huawei P30 hadir dengan memori RAM pilihan 6GB dan 8GB, sedangkan pada seri Huawei P30 Pro memiliki RAM 8GB. Namun untuk seri P30 Pro, diberikan pilihan penyimpanan 128GB, 256GB dan 512GB.

Kamera

HHuawei mengklaim bahwa dua seri flagship terbarunya ini memiliki kamera yang cukup baik, terutama untuk zoom dan menangkap gambar di kondisi malam. Namun seperti diungkapkan di atas, ada perbedaan yang cukup kental juga untuk kedua seri yang dirilis secara bersamaan ini beberapa waktu lalu.

Huawei menggunakan pengaturan kamera utama empat lensa untuk seri P30 Pro, sedangkan untuk seri Huawei P30 menggunakan pengaturan tiga lensa. Dan sayangnya juga, fitur-fitur canggih tidak dibenamkan Huawei pada seri P30 yang bisa dibilang sebagai fitur top-of the line.
  • Huawei P30
40MP (Lensa Sudut Lebar, f / 1.8)
6MP (Lensa Sudut Ultra Lebar, f / 2.2)
8MP (Telefoto, f / 2.4, OIS)

 
  • P30 Pro
    40MP (Lensa Sudut Lebar, f / 1.6, OIS)
20MP (Lensa Sudut Ultra Lebar, f / 2.2)
8MP (Telefoto, f / 3.4, OIS)
 

Fitur

Salah satu yang cukup juga menjadi perbedaan yang kental adalah tentang sertifikasi perangkat. Bila Huawei P30 hanya dibekali dengan sertifikat IP53, maka tentunya seri tertinggi kandungnya P30 Pro adalah sertifikasi IP68 sebagai tanda jaminan perangkat bisa bertahan di kedalaman air 1 meter dalam waktu 30 menit, seperti smartphone waterproof yang hadir.

Di lain sisi, Huawei juga membedakan Huawei P30 dengan meniadakan fitur pengisian baterai secara nirkabel (wireless charging), serta masih memasang jack Audio 3.5mm. Dimana untuk seri P30 Pro jack Audio ini sudah bisa dipasang melalui port USC type-C. Perbedaan cukup kental lainnya adalah kapasitas baterai, yakni 3.650mAh di Huawei P30. Sedangkan P30 Pro menggunakan baterai 4.200mAh.

Leave a Comment