LG V30 PLUS HANDS ON : SMARTPHONE PREMIUM BERLAYAR OLED

HANDS-ON-LG-V30-PLUS
ArenaLTE.com - Bila tak ada perubahan, LG Mobile bakal menghadirkan seri terbarunya, LG V30 Plus, pada akhir tahun ini. Seri baru ini merupakan lanjutan dari serial V, yang masuk kategori smartphone premium. Seperti pendahulunya, seri V10 dan V20, smartphone buatan Korea ini dirancang sebagai smartphone multimedia, dengan fitur audio dan multimedia yang sophisticated. Dibalut dengan desain yang stylish dan berkelas. Tentu saja harganya juga mahal. Menurut info yang didapat, V30 Plus bakal dipasarkan seharga IDR10.5 juta.
 
Sebenarnya ada dua varian, V30 dan V30 Plus. Menurut pihak LG Mobile, yang akan dirilis di sini nantinya adalah varian V30 Plus. Perbedaannya sebenarnya sedikit saja. Hanya soal kapasitas memori, yang lebih besar pada V30 Plus (128 GB Memori Internal).
 
ArenaLTE berkesempatan mencicipi sedikit LG V30 Plus, sebelum smartphone ini resmi meluncur ke pasar. Dalam pandangan pertama, memang sudah terasa ini smartphone premium yang berbeda. Itu terlihat jelas pada bentang layar yang hampir memenuhi bagian depan, yang dipadu dengan nuansa metalik di bagian belakangnya.

DESAIN
Form factor tak berbeda dengan smartphone android kebanyakan. Yang membuatnya tampil beda adalah smartphone ini tampak slim. Tebalnya cuma 7.3 mm. Ukuran bodynya memiliki rasio 2:1, yang membuatnya terlihat proporsional, tidak tampak panjang. Frame metal melingkari bagian sisi ponsel, dengan sudut-sudut yang dibuat kurva.

HANDS-ON-LG-V30-PLUS
 
Bagian depan hampir dipenuhi dengan layar, dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk lubang speaker dan lensa. Sementara bagian belakang, pada varian berwarna silver, dibuat dengan nuansa metal yang solid dengan tekstur halus. Sambungan bagian belakang dan depan dibuat sedikit melengkung untuk menghadirkan kenyamanan saat digenggam.
 
Beratnya hanya 158 gram. Terasa ringan, ditambah dengan bodynya yang slim, kelihatannya ponsel ini seperti ringkih. Tapi tidak. Struktur body tetap kokoh dan mantap ketika digenggam. Rencananya akan hadir dalam dua pilihan warna, black dan silver. Dari sananya sih sebenarnya ada empat warna, dua lagi adalah blue metallic dan ungu (muda) metalik.
 
DISPLAY
Nah, ini dia terobosan LG Mobile yang sepertinya belum dilakukan brand lain. Mereka membawa teknologi layar OLED, yang biasa dipakai pada produk TV LG, ke LG V30 (dan V30 Plus). Hasilnya adalah sebuah layar yang menampilkan gambar yang terang, tajam dengan warna natural, seindah warna aslinya. Teknologi OLED juga punya keunggulan hanya satu lapisan komponen. Inilah yang membuat V30 bisa dibuat slim.
 
Ukuran layarnya sebesar 6 inchi. Cukup lebar. Namun karena memiliki rasio layar terhadap body sebesar 81.2% --rasio paling tinggi yang pernah ada—membuat bentang layar hampir memenuhi bagian depan. Makin impresif karena didesain dengan fullvision screen, yang membuatnya seperti tak punya bezel. Karenanya, layar lebar 6 inchi ini tak mengorbankan ukuran body. V30 Plus tetap berukuran ideal untuk genggaman tangan.

HANDS-ON-LG-V30-PLUS
 
MULTIMEDIA LG V30 PLUS
LG V30 Plus memang dirancang sebagai smatphone multimedia kelas wahid. Dibuat untuk memenuhi tren pengguna smartphone sekarang, yang katanya makin banyak saja yang suka memutar video dan mendengarkan music lewat smartphone. Hee Gyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia, bilang, itu alasan LG Mobile menghadirkan smartphone multimedia yang sophisticated. Smartphone multimedia, tentu saja berhubungan dengan factor vision dan sound.
 
Makanya, untuk kenyamanan dan kepuasan mata saat menikmati tayangan video (dan juga image), V30 dilengkapi teknologi Mobile HDR 10, yang mampu menyajikan tingkat kecerahan, kekayaan warna dan kontras yang luar biasa. Hasilnya adalah, tayangan video serasa menonton TV digital. Lalu kalau mau membuat video sendiri, pada fitur kamera ketika memilih moda video, ada fitur cine effect. Fitur ini menyediakan beragam pilihan effect untuk video yang direkam. Misalkan memilih efek Historical, maka efek yang muncul pada rekaman video akan nampak seperti film jaman dulu.
 
Untuk rekam video ini, ada pula yang namanya pin focus. Ini juga inovasi baru, yang membuat proses zoom-in bisa langsung mengarah ke obyek yang dipilih. Tidak harus menggerakkan dan mengarahkan kamera ke obyek tersebut. Ketika diaktifkan, kita tinggal menyentuh obyek mana yang mau di zoom-in. Bahkan obyek yang tak berada di tengah layar sekalipun. Lalu gerakan tombol zoom-in, otomatis layar akan memperbesar obyek yang dipilih, tanpa harus menggeser ponsel, dan dengan proses zooming yang mulus pula.
 
Sementara untuk kenyamanan telinga saat mendengarkan music, V30 Plus tetap mengusung teknologi Hi-Fi Quad DAC 32 bit. Teknologi ini mampu menghadirkan audio setara dengan keluaran suara Hi-Fi. Kekayaan dan keseimbangan nada yang dihasilkan memang keren. Terdengar nyaring dan jernih, tapi juga terasa empuk di telinga.
 
LG Mobile juga masih berkolaborasi dengan B&O, sebuah perusahaan spesialis audio, untuk menghasilkan suara sebening kristal dan seempuk kue apem. Perusahaan ini membantu menyelaraskan setelan audio ke tingkat paling optimal. Namun sayangnya, pada V30 Plus tak disertai dengan earphone buatan B&O seperti pada seri V20. “Alasan TKDN,” ungkap Jang.

HANDS-ON-LG-V30-PLUS

KAMERA LG V30 PLUS

Kamera yang dipasang di ponsel ini lumayan besar resolusinya. Untuk kamera utama, yang berada di belakang, besaran resolusi adalah 16 Mpix. Dibantu dengan kamera kedua dengan besaran resolusi 13 Mpix. Untuk ukuran segitu, banyak competitor yang menyamai, atau malah melebihi. Tapi keistimewaannya terletak pada bukaan diafragma, yang angkanya f/n 1.6. Ini angka terkecil sejauh yang ada saat ini.
 
Kelebihan lain terletak pada lensanya, yang menggunakan kaca (glass), bukan plastic. Lensa kaca lebih banyak menyalurkan cahayanya (91%) dibanding plastic (87%). Ini yang membuat hasil foto/video tampak lebih natural.
 
Sementara wide angle camera, yang sudah diterapkan pada seri terdahulu, dikembangkan lagi menjadi lebih baik, dengan mengurangi distorsi. Sehingga, kesan foto yang cembung ketika memakai lensa lebar, bisa dihilangkan. Lensa lebarnya mencapai sudut 120 derajat, dan tersedia baik untuk kamera utama di belakang maupun kamera depan yang berukuran 5 Mpix.

HANDS-ON-LG-V30-PLUS
 
IP68 & BATERAI
Meski kelihatan ringkih dan alergi terhadap debu dan air, ternyata V30 Plus sudah menerapkan desain anti air dan debu dengan standarisasi IP68. Dengan ini, meskipun ponsel kecemplung ke dalam air sedalam (maksimal) 1.5 m, dan tetap terendam selama (maksimal) 30 menit, tetap aman, tak kemasukan air. Buat goresan, layarnya sudah dilindungi Gorilla Glass 3.
 
Soal Baterai, menurut cerita Jang, LG Mobile mendesain khusus baterai untuk V30 Plus. Agar bisa mengurangi ukuran baterai tanpa mengurangi kapasitas. V30 Plus disokong baterai sebesar 3.300 mAh, yang tertanam paten di bodynya. Juga dilengkapi teknologi fast charging, yang bisa mengisi kapasitas sebesar 50% dalam waktu setengah jam charging.

Leave a Comment