Kirin 980 Lebih Unggul Dari Snapdragon 845?

ArenaLTE.com - Dalam tubuh smartphone, hal yang paling perlu diperhatikan adalah dukungan akan kinerja dan kemampuan ponsel pintar ini dan hal itu bisa dilihat dari penggunaan prosesor di dalamnya. Dan kabarnya, Huawei sudah mulai meluncurkan SoC chipset terbarunya yang dikenalkan dengan nama Kirin 980. Seri ini adalah SoC chipset pertama di dunia yang diproduksi dengan teknologi proses 7nm. Dengan memadatkan 6,9 miliar transistor ke dalam bentang seluas kurang dari 1cm persegi, Kirin 980 sukses menghasilkan kinerja luar biasa tapi pada saat yang sama hemat daya. Chipset ini membuat smartphonelebih bertenaga, kaya fitur, dan lebih cerdas dari sebelumnya. 

“Kirin 980 adalah chipset paling powerful dan efisien dengan kecerdasan yang tak tertandingi dan konektivitas yang sangat cepat,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia. “Ini adalah hasil dari riset bersama selama 36 bulan dari lebih dari 1000 pakar semikonduktor, desain dan pakar proses.” 

Kirin 980 adalah chipset pertama yang mengintegrasikan dual NPU (Neural-network Processing Unit) sekaligus. NPU ini seperti ‘otak’ pembelajaran mesin bagi sebuah smartphone. Kalau satu ‘otak’ saja sudah bikin smartphone memiliki kecerdasan lebih, apalagi dua. Dengan kombinasi dua ‘otak’ ini, kemampuan komputasi Artificial Intelligence (AI) di smartphone pun melambung tinggi. Semakin banyak aplikasi AI yang didukung dan ini menghasilkan smartphone yang lebih cerdas lagi untuk mendukung berbagai kebutuhan penggunanya. 

Huawei sudah melangkahkan kaki pertama kali di segmen on-device AI melalui Kirin 970 yang ditanamkan smartphone premium P20 Pro, sehingga menjadikannya sebagai chipset SoC dengandedicated NPU pertama di dunia. Kini, dengan kehadiran Kirin 980, sekali lagi Huawei memimpin trend smartphone AI di dunia. 

Dibandingkan dengan chipset yang diproduksi dengan teknologi 10nm macam Kirin 970, Kirin 980 mengalami peningkatan performa sebesar 20 persen. Kepadatan transistor 1,6 kali memberikan penghematan daya sampai 40 persen. Terobosan ini dicapai dengan mendobrak batasan yang ada dalam teknologi semikonduktor. Kirin 980 memakai arsitektur heterogen untuk mengintegrasikan 6,9 miliar transistor dalam ruang kurang dari 1 sentimeter persegi untuk menghasilkan peningkatan kinerja yang luar biasa dan penghematan energi yang signifikan.  

Kirin 980 adalah yang pertama dibangun berdasarkan ARM Cortex-A76, dengan frekuensi dominan sampai 2.6 GHz. Dibandingkan pendahulunya, CPU Cortex-A76 meningkatkan performa single-coresebanyak 75 persen dan efisiensi energi 58 persen. 

Kirin 980 juga yang pertama di dunia yang menggunakan GPU Mali-G76. GPU yang disertai dengan teknologi yang dioptimalisasi dan jaminan hemat daya ini membuat pengguna bisa memainkan massively multiplayer online games (MMOG) dengan lancar jaya. Dibandingkan pendahulunya, GPU ini mengalami peningkatan performa sebanyak 46 persen dan efisiensi energi 178 persen.

Sedangkan dengan dual NPU dan komputasi paling kuat, membuat Kirin 980 mampu menjalankan pengenalan wajah dan obyek, pendeteksian obyek, segmentasi gambar, translasi pintar, dan masih banyak fitur lain yang berbasis AI. Kemampuan ini menghadirkan smartphone dengan pengalaman aplikasi AI on-device yang lebih pintar. Ia mampu mengenali 4.500 gambar per menit, sehingga kecepatan pengenalannya 120 persen lebih tinggi ketimbang Kirin 970 dan jauh lebih tinggi lagi dibandingkan rata-rata industri. Dengan frame rate yang real-time hingga 30 fps untuk pose lebih dari satu orang, ia memampukan smartphone merekam tarian berirama dan pelari cepat dengan baik. Kirin 980 adalah sebuah lompatan besar dalam hal pengenalan gambar dan pendeteksian obyek. 

Begitu juga kemampuan video yang dihasilkan mengalami peningkatan yang besar. Kirin 980 memakai teknologi pipeline yang didedikasikan khusus untuk meningkatkan kualitas video. Sendatan dalam perekaman video dikurangi sampai 33 persen. Dengan begini, pengguna mungkin tak lagi membutuhkan kamera video, cukup dengan smartphone bisa membuat video clip yang jernih dengan mudah.

Leave a Comment