Intel Pamer Teknologi Baru untuk Era Komputasi Selanjutnya di CES 2019

ArenaLTE.com - Intel meluncurkan gelombang inovasi PC berikutnya di CES di Las Vegas, yang akan memajukan pengalaman penggunaan PC untuk membantu setiap orang. Mulai dari pamer prosesor PC 10nm volume pertama yang akan datang, dengan kode "Ice Lake" hingga pratinjau arsitektur CPU 10nm hibrida dengan Foveros 3D packaging, berkode "Lakefield".

Selain itu, Intel juga menghadirkan Proyek Athena, sebuah program inovasi untuk menghadirkan kelas yang baru dari sebuah laptop canggih.  Dan, juga memamerkan perluasan dari prosesor desktop 9th Gen Intel Core.

Dalam beberapa bulan mendatang, Intel akan meluncurkan platform PC mobile baru dengan prosesor Intel 10nm volume pertama, dengan kode "Ice Lake".

Dibangun di atas mikroarsitektur CPU Sunny Cove baru milik Intel yang dikenalkan bulan lalu di Architecture Day, Ice Lake diharapkan dapat memberikan tingkat integrasi teknologi baru pada platform klien.

Ice Lake adalah platform pertama yang menampilkan semua arsitektur grafis terintegrasi Generasi11 yang baru (the all new-Gen11), yang mendukung teknologi Intel Adaptive Sync, memungkinkan laju smooth frame yang mulus dan mampu berkinerja lebih dari 1 TFLOP untuk pengalaman gaming dan kreasi yang lebih kaya.

Platform PC mobile yang baru juga merupakan yang pertama kali untuk mengintegrasikan Thunderbolt™ 3 dan standar nirkabel Wi-Fi 6 berkecepatan tinggi yang baru sebagai teknologi built-in, serta fitur set instruksi Boost DL untuk mempercepat beban kerja AI. 

Ice Lake menyatukan semua ini dengan daya tahan baterai yang luar biasa untuk memungkinkan desain yang sangat tipis, ultra-mobile dengan kinerja dan responsif kelas dunia, yang memungkinkan masyarakat untuk menikmati pengalaman komputasi yang luar biasa. 

Intel juga memberikan secara sekilas sebuah platform klien baru, yang diberi nama kode "Lakefield," yang menampilkan arsitektur CPU hibrida dengan teknologi pengemasan Foveros 3D yang inovatif dari Intel. Lakefield memiliki lima inti, penggabungan inti Sunny Cove berkinerja tinggi 10nm dengan empat inti berbasis prosesor Intel Atom ke dalam paket kecil yang memberikan efisiensi daya rendah dengan grafik dan IP lainnya, I/O dan memori. 

Hasilnya adalah papan yang lebih kecil yang memberikan OEM lebih banyak fleksibilitas untuk desain faktor berbentuk tipis dan ringan dan dikemas dengan semua teknologi yang masyarakat harapkan dari Intel termasuk daya tahan baterai yang lama, kinerja dan konektivitas. Lakefield diperkirakan akan berproduksi pada tahun ini.

Intel diposisikan secara unik untuk menghadirkan inovasi jenis ini karena rangkaian teknologi lengkap-pengemasan, arsitektur, kinerja, dan konektivitas-semuanya berada di bawah satu atap untuk membantu menghadirkan desain dan pengalaman baru yang luar biasa.

Intel juga mengumumkan Project Athena, sebuah program inovasi yang mendefinisikan dan bertujuan untuk membantu memasarkan kelas yang baru pada laptop canggih. Menggabungkan kinerja kelas dunia, daya tahan baterai dan konektivitas dengan desain yang ramping dan indah, laptop Project Athena pertama diharapkan akan tersedia pada paruh kedua tahun 2019 di seluruh sistem operasi Windows dan Chrome.

Dirancang untuk memungkinkan pengalaman baru dan memanfaatkan teknologi generasi mendatang, termasuk 5G dan AI, Project Athena menciptakan jalan ke depan untuk mempercepat inovasi laptop.

Pada bulan Oktober, Intel meluncurkan rangkaian pertama prosesor desktop Intel Core 9th Gen, termasuk prosesor Intel Core i9-9900K, prosesor gaming terbaik dunia. Kini, Intel memperkenalkan tambahan baru untuk rangkaian prosesor desktop Intel Core Generasi ke-9 yang memperluas opsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen mulai dari pengguna biasa hingga profesional hingga gamer dan para pembuat konten. 

Prosesor desktop Intel Core Generasi ke-9 yang pertama diharapkan akan tersedia mulai bulan ini dengan lebih banyak peluncuran pada kuartal kedua tahun ini.

Leave a Comment