Ini Dia Beda OPPO F3 dengan Samsung Galaxy J7 Pro

ArenaLTE.com - Samsung punya senjata andalan terbaru di segmen menengah yaitu Galaxy J7 Pro. Terlihat jelas bahwa sang vendor mengedepankan seri ini untuk bersaing di segmen camera. Tak pelak jika seri ini cukup tepat buat berhadapan head to head dengan OPPO F3 yang juga terjun di kategori smartphone selfie.

Lepas dari urusan kamera yang memang jadi ajang tanding keduanya, tentu spesifikasi dan fitur yang dibenamkan dalam Galaxy J7 Pro dan OPPO F3 wajib dibandingkan. Ada beberapa perbedaan sekaligus aspek yang membuat keduanya pantas  jadi rival berat.

Desain

Hanya dengan meletakkan dua ponsel secara berdampingan sudah terlihat perbedaan kedua ponsel ini. Samsung Galaxy J7 Pro terlihat lebih gemuk.  Ternyata saat menilik ketebalan bodi kedua ponsel ini, OPPO F3 memang lebih tipis dengan ketebalan bodi 7,3 mm dan Galaxy J7 Pro 7,8 mm.

Lebih jauh, saat ditimang-timang Galaxy J7 Pro terasa lebih berat. Selidik punya selidik, secara spesifikasi bobot OPPO F3 memang lebih ringan 28 gram (158 gram) dibanding dengan Galaxy J7 Pro (181 gram). Keduanya sama-sama dibalut bodi aluminium yang membuatnya terlihat premium meski duduk di kelas menengah.

Display dan Layar

Samsung Galaxy J7 Pro mengedepankan layar berteknologi Super AMOLED. Sementara OPPO F3 memiliki layar berteknologi In-Cell. Keduanya sama-sama memiliki layar dengan lebar 5,5 inci yang beresolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel).

Tapi soal daya tahan display, ternyata OPPO F3 lebih unggul karena memiliki glass protection satu level di atas Samsung Galaxy J7 Pro. Dengan dukungan panel anti gores Corning Gorilla Glass 5 bisa dibilang OPPO F3 lebih bisa diandalkan ketimbang Gorilla Glass 4 yang dijejalkan dalam Samsung Galaxy J7 Pro.

Kamera

Sektor ini jelas menjadi letak dari panasnya rivalitas antar kedua perangkat. Pertama-tama, Galaxy J7 Pro punya kamera utama 13MP di bodi belakang dengan aperture f/1.7. Sementara OPPO F3 punya kamera 16MP dengan f/2.2.

Di atas kertas OPPO lebih unggul, selain itu, kameranya juga sudah didukung dengan antarmuka lebih atraktif dan lengkap serta mengadopsi fitur UltraHD dan expert mode.

Untuk urusan selfie, OPPO F3 bisa dibilang lebih jago. F3 didukung kamera depan dengan lensa ganda, satu kamera inti dengan resolusi 16M/f2.0 dan kamera wide 8MP dengan f/2.2. Sementara Galaxy J7 Pro hanya punya kamera depan bertipe single lens, itupun hanya berkekuatan 13MP/f1.9.

Tapi untungnya, kamera depan Samsung ditemani dengan lampu kilat. Hanya saja, Samsung tetap tak bisa menandingi kemampuan kamera groufie dari F3. Dengan lensa yang wide di area depan, OPPO F3 mampu memotret gambar dengan bidang yang sangat luas.

Performa dan Memori

OPPO F3 mengusung prosesor MediaTek MT6750T Octa-core berkecepatan 1,5 GHz. Sementara Samsung Galaxy J7 Pro disuntik dengan prosesor Exynos 7870 dengan clockspeed 1.6Ghz. Prosesornya tergolong seimbang kemampuannya alias tak terpaut jauh.

Tapi ternyata OPPO F3 sudah didukung dengan RAM 4GB sementara Samsung Galaxy J7 Pro hanya disuplai RAM 3GB. Selain itu keduanya punya kapasitas memori internal 64GB. Berkat keunggulan ini, performa multi tasking OPPO F3 lebih unggul dari Samsung.

Oh ya, meski sama-sama punya sensor sidik jari, OPPO F3 juga bisa dibilang lebih canggih karena didukung teknologi faster unlock. Static Flash Touch Screen 0.22, memiliki kecepatan unlock lebih baik.. Tombol home yang sekaligus jadi sensor sidik jari tergolong lebih awet seperti pada iPhone 7 Plus. Mengurangi risiko pecah jika dibandingkan tombol biasa pada Samsung.

Baterai

Soal kapasitas baterai, Samsung Galaxy J7 Pro ternyata lebih besar dari sang rival. Produk besutan Samsung ini punya kapasitas baterai 3600mAh dan OPPO F3 hanya mengandalkan kapasitas 3200mAh.

Kesimpulan

Jika dilihat dari berbagai aspek yang jadi indikator, terlihat OPPO F3 memiliki lebih banyak keunggulan ketimbang Samsung Galaxy J7 Pro. Dengan selisih harga yang tak jauh berbeda, OPPO F3 punya daya tarik serta performa yang lebih baik dari Samsung Galaxy J7 Pro.

Leave a Comment