Pendapatan Iklan Google Selalu Meningkat Setiap Tahun

ArenaLTE.com - Kinerja perusahaan raksasa internet asal Amerika, Google, dalam pendapatan iklan setiap tahun tercatat mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Bahkan, induk perusahaan Alphabet ini merilis penghasilan kuartal-IV 2018 yang tercatat pada periode Oktober hingg Desember, memperoleh pendapatan iklan mencapai USD32,6 miliyar atau berhasil meningkat 20% dari tahun sebelumnya.

Pun demikian, dalam catatan perusahaan juga terlihat harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk melakukan ekspansi atau membayar nilai investasi perkembangan perusahaan. Untuk mengembangkan dan menjadi mesin pencari default dalam sistem iOS saja, perusahaan mengungkapkan harus mengeluarkan kocek mencapau USD 7,4 miliar. Tetapi, dari penanaman menjadi mesin pencari default perusahaan telah mendapatkan nilai iklan yang mencapai 24% dari pendapatan pada kuartal-IV meningkat 13% dibandingkan kuartal-III 2018.

Sedangkan pendapatan lain yang juga diakui meningkat ada pada bisnis cloud perusahaan, serta bisnis perangkat keras yang dijalankannya (seperti smartphone Pixel, home smart speaker dan lainnya) meningkat menjadi 31% atau setara dengan nilai USD6,49 miliyar melebihi dari prediksi ekspetasi Wall Street.

Jika dihitung secara keseluruhan tentang pendapat Google, maka pada kuartal-IV 2018 tercatat telah mencapai USD39,1 miliar atau naik menjadi 22% dari Usd32,2 miliar pada kuartal yang sama tahun 2017. Untuk dana pengoperasian perusahaan tercatat naik menjadi 13% dari tahun ke tahun, dari USD8,6 miliar menjadi 9,7 miliyar. Pendapatan iklan Google memang lebih baik dibandingkan bisnis lain perusahaan.

"Segala sesuatu yang kami lakukan di Google dipersatukan oleh misi untuk membuat informasi dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang. Memberikan informasi yang akurat dan tepercaya pada skala yang telah dicapai Internet adalah tantangan yang sangat kompleks dan terus-menerus semakin sulit." - Sundar Pichai, CEO, Google


Leave a Comment