Paket Internet Unlimited, Benarkah Tak Terbatas?

ArenaLTE.com - Demi memuaskan “dahaga” internetan, sudah jamak operator penyedia jasa koneksi internet menyajikan aneka menu akses internet yang menggoda pelanggan. Mulai dari tawaran internet kecepatan tinggi, hingga harga dan jenis paket yang disediakan. Semua disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yang karakteristiknya berbeda-beda.
 
Dulu semua operator seluler punya yang namanya paket ‘Unlimited”. Tetapi kini diketahui tinggal dua operator yang punya paket semacam ini, Indosat Ooredoo dan Smartfren. Paket jenis ini menawarkan akses internet tanpa batas bagi pemakainya. Tujuannya, biar pelanggan tak repot-repot mesti ngecek ketersediaan kuota, dan bolak-balik beli kuota internet. Cukup beli paket unlimited ini, lalu pakai sepuasnya selama masa aktif masih berlaku.
 
Tetapi, benarkah pengguna paket unlimited bisa mengakses internet sepuasnya tanpa pusing? Mari kita cermati paket unlimited milik Smartfren dan Indosat Ooredoo:
 

UNLIMITED SMARTFREN



Sejak pertengahan tahun lalu, Smartfren menambah paket unlimited pada daftar produknya yang diberi nama Super4G Unlimited. Ada tiga jenis paket yang ditawarkan. Pertama, Super4G Unlimited Daily. Namanya juga daily, paket ini aktif untuk sehari saja (1 x 24 jam). Lewat sehari, ya beli paket lagi.
 
Apa yang didapat dari paket ini? Pengguna bisa mengakses internet sepuasnya, jam berapa saja, dan untuk apa saja, bebas. Tapi, tetap ada batasan pemakaian wajar (FUP/fair usage policy). Yakni, 1 Gb dengan kecepatan yang diberikan maksimal. Kalau tembus angka FUP, masih bisa dipakai sih. Tapi, kecepatannya langsung drop ke 512 Kbps. Kecepatan serendah itu, hanya efektif untuk chatting di instant messaging. Kalau untuk video, sudah tidak memadai. 
 
Kalau ternyata jatah FUP itu tidak habis dalam sehari, ya hangus. Tak bisa dialihkan ketika membeli paket yang baru. Benefit lain? Bebas bertelepon ke sesama nomor Smartfren (in-net). Ohya, harga paket ini Rp9000.
 
Ribet dengan paket harian? Ada yang bulanan. Namanya Super4G Unlimited 65K. Sesuai namanya, harga paket ini Rp65 ribu dengan masa aktif sebulan. Selama masa aktif itu, pengguna bebas mengakses internet sepuasnya, jam berapa saja, untuk apa saja. Tak ada persyaratan hanya bisa digunakan pada jam tertentu, kondisi tertentu, atau aplikasi tertentu.
 
Namun tetap ada FUP yang “memagari” penggunaan akses internet secara gila-gilaan. Yakni, 1 Gb per hari. Bila penggunaan harian melebihi FUP, speed akan turun menjadi 512 Kbps. Tapi masuk hari esoknya, speed akan kembali normal, dengan jatah FUP seperti semula. Jadi kalau ditotal, dalam sebulan pengguna mendapat 30 Gb kuota data. Yang bila dihitung-hitung, harga per 1 Gb jatuhnya hanya sekitar Rp2.200. 
 
Kalau tak cukup dengan jatah FUP 1 Gb per hari, bisa memilih Super4G Unlimited 100K, yang jatah FUP per harinya adalah 1.5 Gb. Ketentuannya sama dengan paket 65K, tapi harga paket yang ini adalah Rp100 ribu, dengan masa aktif juga satu bulan.
 
Mencermati paket unlimited Smartfren ini, ada beberapa keunggulan yang dimiliknya. Pertama, skema paket yang simple, lebih terbuka dan tidak ribet. Satu paket tapi sudah “all in”, tak perlu pusing mengingat-ingat waktu pemakaian, jenis pemakaian dan sebagainya. Beli dan langsung pakai, kalau habis, ya beli lagi. Harga data per 1 Gb sendiri terhitung murah, sekitar Rp2.200 per 1 Gb.  
 
Yang tidak enaknya adalah, bila suatu waktu ternyata perlu pemakaian melebihi FUP. Sementara belum tersedia fitur untuk “mendadak” nambah FUP.  Jadinya repot, karena terganjal oleh speed yang melorot jauh. Harap diingat pula, Smartfren tak lagi menyediakan jaringan 3G, semuanya sudah full 4G. Satu sisi menjadi jaminan selalu terkoneksi pada jaringan super cepat. Di lain sisi, kalau kebetulan berada di daerah yang tak tersedia jaringan 4G Smartfren, ya sudah, tak bisa digunakan sama sekali.
 

UNLIMITED INDOSAT



Sekarang bagaimana dengan Indosat? Operator kuning ini ternyata menawarkan paket unlimited dengan lebih banyak pilihan. Ada delapan pilihan, mulai dari yang termurah Rp5000 hingga paling mahal Rp150 ribu. Paket unlimited ini juga menawarkan akses internet tanpa batas kepada penggunanya, dengan masa aktif tertentu.
 
Berbeda dengan Smartfren yang memberikan pembatasan FUP harian, Indosat menerapkan FUP pada penggunaan harian dan total bulanan. Perbedaan lain, Indosat memberikan akses gratis (tak terbatas) pada sejumlah aplikasi yang bekerjasama dengan mereka. Aplikasi itu adalah: Youtube, Spotify, Iflix, Whatsapp, BBM, Line, Facebook, FB Messenger, Twitter, Grab dan Gojek.
 
Paket termurah, Unlimited 500 Mb yang harganya Rp5000, mendapat kuota utama sebesar 500 Mb yang berlaku tiga hari --kalau membeli di aplikasi MyIM3, dapat bonus 250 Mb. Selain itu, pengguna bisa menikmati akses tanpa batas ke semua aplikasi rekanan tadi. Sebenarnya, ada sih batasnya. FUP untuk unlimited apps tadi sebsar 500 Mb untuk harian, atau total 1 Gb selama 3 hari itu. Lebih dari batas itu, terjadi penurunan speed ke 512 Kbps.
 
Ada lagi paket yang berlaku seminggu, namanya Unlimited 1 Gb, yang harganya Rp13 ribu. Dapat jatah kuota utama 1 Gb, dan benefit akses tanpa batas ke semua aplikasi rekanan tadi. Ada batasnya juga sih, FUP untuk unlimited apps di paket ini 800 Mb harian, dan total 2 Gb seminggu.
 
Jenis unlimited 1 Gb ini ada yang lainnya juga. Pengguna mendapat jatah 1 Gb dengan masa berlaku satu bulan. Hampir sama kondisinya dengan 1 Gb mingguan. Bedanya, Youtube hilang dari unlimited apps. Serta FUP harian (unlimited apps) 800 Mb, dan total 3 Gb FUP bulanan. Di paket ini, ada data rollover. Jika kuota utama tak habis terpakai, bisa ditambahkan pada pembelian paket yang baru. Harga paket ini Rp25 ribu.
 
Jika jatah 1 Gb itu tak cukup, boleh pilih Unlimited 2 Gb, yang harganya Rp40 ribu, berlaku satu bulan. Benefit yang didapat sama, juga berlaku data rollover, namun tak dapat akses gratis ke Youtube. Paket 2 Gb ini membatasi penggunaan wajar (FUP) pada unlimited apps 1 Gb per hari, atau total 5 Gb sebulan.
 
Untuk paket 3 Gb seharga Rp50 ribu, Youtube nongol lagi. FUP unlimited apps harian 1.5 Gb dan total satu bulan 10 Gb. Paket 7 Gb seharga Rp75 ribu, dikenakan FUP harian ke unlimited apps 2 Gb dan total 12 Gb sebulan. Paket 10 Gb seharga Rp100 ribu, dikenakan FUP harian 3 Gb dan total 15 Gb untuk satu bulan. Kesemua paket ini berlaku satu bulan dan bersifat data rollover.
 
Yang terakhir adalah paket Unlimited Jumbo. Ini paling mahal, Rp150 ribu. Berbeda dengan paket yang lain, paket yang ini tak punya jatah kuota utama, dan tak juga disediakan akses tanpa batas ke aplikasi rekanan. Jadi bisa internetan sepuasnya? Tidak juga, karena FUP harian dibatasi 4 Gb serta total sebulan dibatasi 20 Gb. Ada tambahan benefit, 100 menit nelpon dan 100 SMS ke operator lain.
 
Paket unlimited dari Indosat ini memang tampak menyenangkan, karena ada gimmick bisa akses tanpa batas ke sejumlah aplikasi yang dibundling dalam paket itu. Walaupun nyatanya tetap ada batas pemakaian wajar juga. Meskipun tetap bisa akses ketika lewat batas FUP, namun dengan speed 512 Kbps notabene tak bisa berbuat apa-apa juga.
 
Dari sisi skema penggunaan, juga agak ruwet. Ada pemisahaan penggunaan kuota utama dengan penggunaan akses data untuk unlimited apps. Ini berpotensi membingungkan pengguna. Misalnya, merasa kuota utama masih ada tapi begitu akses Youtube ternyata lelet.  Padahal ternyata FUP hariannya sudah lewat. –Catatan: pemakaian data di unlimited apps tak mengganggu data kuota utama.
 
Tidak seperti Smartfren yang menerapkan FUP harian, tetapi tak ada FUB bulanan (total), pada paket unlimited Indosat, keduanya ada. Contoh, untuk paket Rp100 ribu, dengan FUP harian 3 Gb, dipakai lima hari saja sudah mentok ke FUP bulanan (15 Gb). Ini juga perlu disadari para pengguna, jangan sampai kecewa karena mengira “jatah” akses tanpa batasnya masih ada.
 
Perhatikan pula soal harga dan banyaknya data yang didapat. Ambil contoh paket 7 Gb kuota utama dan total FUP unlimited apps sebanyak 12 Gb. Berarti pelanggan total mendapat 19 Gb data, dengan harga Rp75 ribu. Artinya, tiap 1 Gb data, pelanggan membayar Rp6.250, angka yang lebih tinggi dibanding harga data per 1 Gb dari Smartfren.
 
Pada akhirnya, meskipun dipromosikan sebagai akses internet tanpa batas (unlimited), betapapun tetap ada batas yang diterapkan. Wajar sih ada pembatasan itu, kalau tidak, operator bisa rugi bandar. Hanya saja, diharapkan operator lebih terbuka lagi dengan detil skema unlimited ini, agar pelanggan tak salah paham. Di pihak pelanggan, juga mesti rajin-rajin mencermati tawaran paket unlimited ini, agar tak menaruh harapan yang jauh dari kenyataan.

Leave a Comment