Meet Now, Fitur Baru Skype Untuk Menandingi Zoom

ArenaLTE.com - Sukses besar Zoom sebagai aplikasi meeting virtual rupanya menyentak Skype. Sebagai aplikasi yang duluan hadir menyajikan layanan video conference, mereka rada-rada kecolongan oleh kehadiran Zoom. Makanya, tak mau kalah, Skype sigap merilis fitur baru. Namanya Meet Now.
 
Sama seperti Zoom, fitur baru Skype ini juga menyajikan layanan meeting virtual, alias video conference rame-rame, yang bisa dinikmati pengguna lewat browser masing-masing tanpa harus masuk ke akun Skype atau mengunduh aplikasi itu. Meet Now bisa digunakan tidak saja untuk mereka yang punya aplikasi dan akun Skype, tetapi bisa dinikmati juga oleh yang  bukan pengguna Skype –meski untuk mereka yang tak punya akun Skype, tak bisa menjadi pengatur meeting (meeting organizer).
 
Meet Now bekerja dengan membuat tautan unik, di mana tautan ini dapat dibagikan kepada peserta meeting.  Tautan unik ini akan membuka web client Skype pada Microsoft Edge atau Google Chrome. Pengguna tak mesti mengunduh program dan aplikasi apapun untuk itu. Sejauh ini, baru dua browser ini yang mendukung fitur Meet Now.
 
Jika Anda bertindak sebagai pengatur meeting, Anda bisa mengajak siapapun untuk bergabung dalam video conference ini. Bahkan bila yang diajak tak punya aplikasi Skype di smartphone atau komputernya. Tetap bisa diajak. Siapapun yang punya aplikasi Skype di smartphone atau computer, juga bisa bergabung dalam video conference sebagai tamu. Bahkan jika mereka tak masuk ke akun Skype.
 
Skype menawarkan seluruh fasilitas yang ada untuk dinikmati pengguna Meet Now. Seperti, fitur perekam panggilan, mengaburkan latar belakang, dan membagikan layar. Rekaman panggilan akan tersimpan selama 30 hari sebelum otomatis terhapus. Sementara untuk image dan media lain, bisa lebih lama lagi.
 
Untuk memanfaatan layanan ini, cukup masuk ke situs resmi Skype. Di situ nanti ada tombol untuk membuat tautan video (conference) gratis. Lalu, Anda bisa membagi dan mengirim tautan itu ke peserta video conference. Ada pilihan untuk membagi tautan lewat Gmail atau Microsoft Outlook juga.

Leave a Comment