LG CLOi Robot Siap Masuki Tahap Komersialisasi

ArenaLTE.com - LG Electronics (LG) siap memperkenalkan versi terbaru dari CLOi SuitBot yang dapat dikenakan pada tubuh di ajang CES 2019 mendatang. LG CLOi SuitBot yang mudah dikenakan ini, akan memberikan dukungan lebih baik pada bagian bawah tubuh sehingga dapat mengurangi tekanan pada bagian tersebut ketika melakukan kegiatan mengangkat atau membungkuk. 

Selain CLOi SuitBot, di gelaran yang akan berlangsung di Las Vegas tersebut, perusahaan juga akan memamerkan versi terbaru dari robot servis CLOi yang ditujukan untuk bidang komersil. Bernama PorterBot, ServeBot dan CartBot, keseluruhan robot tersebut menjadi refleksi atas komitmen besar perusahaan dalam mengembangkan robot mandiri yang dilengkapi dengan AI terbaik. 

Awal diperkenalkan di IFA 2018 yang berlangsung di Berlin bulan Agustus lalu, LG CLOi SuitBot bekerja menyokong bagian pinggang dari pengguna dan menambah kekuatan otot pengguna ketika beraktivitas. Penggunaan CLOi SuitBot ini pada akhirnya dapat mengurangi resiko cedera dan kelelahan akut ketika pengguna melakukan kegiatan fisik seperti mengangkat dan menurunkan beban berat secara terus menerus. 

Tidak perlu khawatir soal kenyamanan dalam penggunaannya. LG CLOi SuitBot dirancang dengan sambungan nyaman dan sendi yang berputar secara alami.  Robot yang dapat dikenakan ini mampu bekerja selama empat jam beruturut-turut untuk kemudian diisi ulang selama satu jam saja. 

Berbeda dengan CLOi SuitBot yang dirancang untuk personal, robot servis milik LG lainnya yaitu; PorterBot, ServeBot dan CartBot dikhususkan untuk beroperasi membantu konsumen umum di lingkungan komersil seperti; airport, hotel, mall dan supermarket. Jenis layanan yang ditawarkannya pun beragam. Mulai dari membantu konsumen membawa bagasi, mengantarkan makanan dan membantu membawa barang belanjaan konsumen. 

Versi terbaru LG CLOi Robot Servis ini telah mengalami pembaharuan di bidang sistem navigasi yang lebih canggih dan konektivitas yang membuatnya dapat berkomunikasi dengan alat mesin lain seperti lift dan pintu otomatis.   

Didukung dengan teknologi AI terkini, robot servis LG CLOi bahkan dapat mempelajari dan mengenalisa pola kebiasaan dari konsumen yang dilayaninya sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari. 

Robot servis LG CLOi ini juga dilengkapi dengan desain layar sentuh dan pengenal suara yang memungkinkannya untuk dapat berinteraksi secara alami dengan para konsumen. 

Dilihat dari segi performa, robot servis LG CLOi kini juga mampu melakukan tugas yang lebik kompleks seperti menjawab berbagai pertanyaan dan melalukan proses pembayaran secara mandiri. Ketika daya pada robot akan segera habis, CLOi dapat secara mandiri mendeteksinya dan bergerak sendiri mencari tempat untuk mengisi ulang daya yang telah disediakan. 

Manakala daya nya sudah kembali terisi, CLOi lantas akan bergerak melanjutkan tugasnya yang tertunda. Bila ada kerusakan pada dirinya, CLOi bahkan dapat secara otomatis melakukan diagnosis sendiri dan membuat laporan terkait kerusakan tersebut.   

"Robot servis CLOi LG dilengkapi dengan kemampuan menganalisa dan memahami lingkungan sekitar yang menjadi inovasi terbaik saat ini pada robot. Keseluruhan pembaruan yang kami tawarkan pada seluruh jajaran robot kami menjadi refleksi nyata atas komitmen kami untuk menjadi pengembang robot terkemuka dalam waktu dekat.” ujar senior vice president Roh Jin-seo, head of LG’s robotics business.

Leave a Comment