Kecepatan 4G LTE Global Belum Ada Peningkatan Lebih Baik

ArenaLTE.com - Menurut data OpenSignal terbaru, rata-rata kecepatan 4G LTE Global hingga saat ini bersifat statis sejak pertengahan 2016. Dalam catatannya kecepatan 4G LTE yang ada saat ini antara 17.5Mbps dan 16,2Mbps dalam setahun terakhir. Sedikit ada pergerakan bila dibandingkan dengan kecepatan 3G dan akses WiFi Global pada 2015 lalu.

Peningkatan kecepatan 4G LTE hanya terihat di jaringan beberapa negara saja, meski sayangnya tak ada yang mampu mencapai hingga 50Mbos. Singapura, Korea Selatan, Huangari dan beberapa negara lainnya masih tercatat memiliki kecepatan standar namun tetap stabil.

Pergerakan lambat dari peningkatan kecepatan 4G LTE Gloval ini, bisa disebabkan karena kurangnya investasi negara atau operator dalam teknologi LTE-Advanced untuk meningkatkannya. Namun, saat pengadopsian invetasi di teknologi LTE-Advanced Pro dan 5G, sepertinya mulai ada pergerakan peningkatan yang lebih baik.

Tren ini menunjukkan bahwa operator sudah membutuhkan teknologi baru untuk mendorong kecepatan konsumen yang lebih tinggi. Sayangnya, jaringan 5G komersial pertama di dunia diperkirakan tidak akan online sampai 2019 dan 2020. Berbanding sebaliknya, justru akan memakan waktu lebih lama agar adopsi global diluncurkan. 

Namun, LTE-A Pro kemungkinan akan bertindak sebagai pengantar pra-5G untuk banyak operator, menawarkan agregasi carrier yang lebih luas dan dukungan spektrum tanpa izin. Meskipun pada kecepatan 4G LTE skala global mungkin tidak berubah secara signifikan, negara-negara yang masih mengembangkan infrastruktur mereka berjuang untuk mempertahankan kecepatan saat konsumen mulai bertambah. 

Di India sendiri kecepatan 4G telah turun dari 10 Mbps pada tahun 2015 menjadi hanya 6,13 Mbps, karena strain pada kapasitas. Hal demikian juga pada negara Chili yang melukiskan gambaran yang sama, dengan penurunan kecepatan LTE yang signifikan selama tahun lalu namun sampai pada pertumbuhan koneksi 4G sebesar 162 persen. Dalam jangka panjang, kecepatan akan kembali ke tren positif, tapi akan membutuhkan investasi dan waktu tambahan.

Seperti dilansir dari laman Android Authority, kecepatan 4G LTE rata-rata global tercatat hanya mencapai kisaran 10 sampai 25 Mbps dan cakupan hanya baru di atas 60 persen di sebagian besar negara. Namun, koneksi data nirkabel (HotSpot WiFi) memberikan pengalaman terbaiknya kepada konsumen di seluruh dunia sejauh ini. Namun, ada kesenjangan antara jaringan yang paling maju dan yang baru berkembang dalam hal kecepatan.

Leave a Comment