YouTube Creators for Change Summit 2018: Cameo Project Wakili Indonesia di London

ArenaLTE.com - Belum lama ini lebih dari seratus kreator YouTube berkumpul di London untuk menghadiri Creators for Change Summit. Konferensi ini diadakan untuk merayakan pencapaian tahun sebelumnya dan mempererat kolaborasi antara para penggerak perubahan sosial selama setahun ke depan.

Konferensi ini dihadiri oleh banyak kreator dari seluruh dunia, termasuk Cameo Project yang mewakili Indonesia.

Pada tahun 2017, YouTube Creators for Change berkolaborasi dengan banyak kreator inspiratif, salah satunya adalah sekelompok kreator yang tergabung dalam Cameo Project, dengan kampanye yang berjudul #1Indonesia.

Dimana para kreator ini bersama dengan Maarif Institute, sebuah LSM lokal, membuat sebuah proyek lintas negara yang mengajak dan mengedukasi lebih dari 2.000 siswa sekolah menengah atas (SMA) di 10 kota dari seluruh Indonesia untuk membuat konten-konten video yang dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitar mereka.

Topik yang diangkat misalnya seputar toleransi terhadap etnisitas dan agama minoritas, serta literasi digital untuk memerangi berita hoaxyang marak di dunia maya. 

Cameo Project merupakan kelompok kreator asal Indonesia yang membentuk YouTube channel pada tahun 2012. Di tahun 2017, Cameo Project ditunjuk sebagai Duta YouTube Creators for Change dari Indonesia.

Sebagai kelompok kreator yang mewakili Indonesia dalam program ini, Cameo Projects memiliki misi yang sejalan dengan program yang diinisiasikan oleh YouTube ini, yaitu menginspirasi dan mendorong penyebaran konten yang positif.

YouTube Creators for Change adalah inisiatif global yang mendukung para kreator dalam memerangi isu-isu sosial dan mempromosikan kesadaran, toleransi dan empati melalui kanal YouTube mereka.

Video adalah media yang memiliki kekuatan untuk membuka pikiran terhadap perspektif baru dan berbagi pengalaman. Sejak peluncuran program YouTube Creators for Change pada bulan September 2016, program ini telah berkolaborasi dengan 39 kreator inspirasif dari seluruh dunia, membantu memperkuat suara mereka untuk melawan kebencian dan mengangkat toleransi.

Selain Indonesia, program ini juga berkolaborasi dengan berbagai organisasi sosial dan ahli dari Australia, Jerman, Israel, Spanyol, Turki, Inggris, Prancis, dan Belgia. Sepanjang tahun 2017, YouTube Creators for Change telah mengedukasi lebih dari 15.000 anak muda di lebih dari 200 lokasi melalui berbagai bentuk upaya, termasuk kelas-kelas dan program sekolah. 

Juniper Downs, Head of YouTube Public Policy, mengatakan, “Sepanjang tahun 2017 lalu, para kreator ini telah membuat puluhan video yang menunjukkan kekuatan video dalam mendorong empati dan rasa saling mengerti di seluruh dunia.

"Melalui komitmen investasi yang baru, kami akan mengumumkan penerima dukungan produksi yang akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.”

Leave a Comment