XL Pay Point, Mesin Transaksi Keuangan Non Perbankan untuk UKM

XL-Pay-Point
ArenaLTE.com - Bekerjasama dengan para pelaku usaha kecil menengah (UKM), XL Axiata menghadirkan  layanan XL Pay Poin. Sebuah produk layanan paket mini vending machine yang dapat digunakan untuk aktivitas atau transaksi keuangan non perbankan layaknya sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM), sebagai pembayaran atau pengisian pulsa ponsel, dompet elektronik maupun kredit game.

“XL Pay Point sekaligus juga akan bermanfaat bagi para Penyedia Jasa Pembayaran Online (PPOB). Layanan ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam mempermudah transaksi penjualan dengan para pelanggannya, terutama di kota-kota kecil di mana masyarakat belum banyak yang menggunakan transaksi elektronik menggunakan ponsel” jelas Ongki Kurniawan, Chief Digital Service Officer XL, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (29/10/2015).

Dirinya menambahkan bahwa  dengan tawaran solusi dari perusahaan, diharapkan para pelaku UKM dapat lebih menjangkau individu yang menjadi target Market. Hal itu juga diperuntukkan untuk pengguna atau pemakai akses layanan jasa perbankan, namun belum memiliki rekening bank.

Mini vending machine yang ditawarkan XL sendiri adalah perangkat Pay Point berupa mesin penjual otomatis, bisa diletakkan di tempat-tempat strategis, yang mudah dijangkau oleh pelanggan atau pasar yang disasar pengusaha terkait.

Dijelaskan lebih lanjut, XL Pay Point dapat dimanfaatkan antara lain untuk menjual jasa dan barang seperti pengisian pulsa, dompet elektronik, kredit permainan, pembelian Starter Pack maupun transaksi keuangan seperti pembayaran pinjaman cicilan dan tagihan.

Pelanggan diungkapkan dapat melakukan transaksi mudah dengan mesin. Pembeli atau pelanggan UKM tersebut hanya memasukkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan pembayaran atau nominasi yang tertera dalam mesin. Selanjutnya memilih menu yang dikehendaki dari layar monitor dan kemudian menunggu mesin XL Pay Point memproses transaksi tersebut.

Para pelaku UKM yang ingin bekerja sama untuk penggunaan alat ini bisa dilakukan dengan sistem kontrak berlangganan operator selama setahun. Paket layanan ditawarkan dengan bundling satu mesin elektrin, aplikasi transaksi dan layanan paket data XL.

Solusi yang ditawarkan secara bundling ini diklaim telah siap digunakan ke seluruh area operasi XL, baik di area Jabotabek maupun di luar daerah. Sebelumnya, mesin ini sudah dilakukan ujicoba di wilayah Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Leave a Comment