Tahun Depan, XL Hadirkan Layanan 4,5G LTE

ArenaLTE.com - Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Menkominfo Rudiantara berencana menggelar layanan 4,5G LTE pada event Asian Games 2018 nanti. Hal ini diungkapkannya pada acara “Indonesia ICT Carnival 2016 yang ke tiga” di Raffles, Jakarta beberapa waktu lalu.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa secara umum layanan 4,5G LTE ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik.  Dan ternyata teknologi jaringan PT XL Axiata Tbk (XL) sudah mulai dipersiapkan untuk mendukung layanan 4,5G LTE ini.

Dalam keterangan resminya, Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono, mengatakan, “Secara teknologi, kami sudah siap untuk mulai menyediakan layanan 4,5G LTE. Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G. Target kami, pada 2017 nanti 4,5G LTE sudah siap untuk dinikmati pelanggan.”

Rahmadi Mulyohartono Vice President LTE XL
Rahmadi Mulyohartono, Vice President LTE XL[/caption]

Dibandingkan 4G, teknologi 4.5G sendiri secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4,5G LTE saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

Rahmadi melanjutkan, teknologi “4T4R” merupakan pengembangan dari versi “2T2R”. Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman Data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz. jadi, selain kecepatan, juga akan diperoleh kestabilan koneksi internet yang lebih baik juga.

Dengan penerapan teknologi ini, menurutnya, XL berarti sudah siap melangkah lebih maju ke implementasi 4,5G LTE. Kesiapan yang dimiliki XL lainnya antara lain berupa telah ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi juga akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz. Teknologi 4T4R saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya.

Leave a Comment