XL Antisipasi Lonjakan Trafik Momentum Natal dan Tahun Baru 2017

ArenaLTE.com - PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan diri untuk menghadapi liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2017. Seperti biasa, XL mengantisipasi potensi lonjakan trafik semua jenis layanan telekomunikasi dan data yang biasa terjadi setiap libur panjang tersebut tiba. Antara lain dengan menambah kapasitas jaringan di sejumlah daerah, serta menyiapkan tim khusus yang akan siaga sepanjang masa liburan.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, pihaknya menyiagakan tim yang akan siap 24 jam, baik di pusat pemantauan jaringan, maupun di lapangan. “XL berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan tetap prima agar pelanggan bisa tetap menikmati layanan telekomunikasi, internet serta data secara maksimal sepanjang libur akhir tahun.”

Yessie menambahkan, pada liburan seperti ini, biasanya kenaikan trafik terjadi di area tertentu saja, antara lain pusat-pusat keramaian di perkotaan dan lokasi wisata. “Meski begitu kami akan memantau secara terus-menerus semua area dan semua wilayah layanan XL sehingga kami bisa bergerak cepat jika terjadi sesuatu di mana pun itu.”

XL memprediksi akan terjadi kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 5-20%, dengan layanan Data akan mendominasi. Infrastruktur jaringan milik XL yang ada saat ini masih mampu melayani kemungkinan kenaikan trafik semua layanan, sekaligus menjaga kualitasnya. Karena itu, XL tidak perlu menambah BTS khusus di suatu daerah.

Meski begitu, XL juga menyiapkan sejumlah BTS bergerak (mobile BTS) untuk mengantisipasi lonjakan trafik di suatu area tertentu. Secara khusus XL menyiapkan penambahan kapasitas jaringan di area publik, termasuk pusat-pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta, bandar udara, lokasi wisata, serta jalan tol di semua wilayah layanan XL.

Kenaikan trafik terutama pada layanan Data cenderung terjadi di semua region dengan kenaikan terbesar diperkirakan terjadi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan kenaikan sekitar 20%. Lebih spesifik lagi, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik yang cukup significant di daerah Kebumen, Pekalongan, serta di Bukittinggi Sumatera Barat, dengan kenaikan trafik di atas 50%.

Infrastruktur jaringan XL saat ini ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, termasuk diantaranya lebih dari 7 ribuan BTS 4G. Selain itu, jaringan backbone fiber optic XL membentang sejauh lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan hampir seluruh wilayah di Bagian Barat dan Tengah Indonesia, dari Sumatera dan kepulauan, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, serta Kalimantan.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan internet cepat dan Data, XL juga terus memperluas cakupan layanan 3G dan 4G LTE. Khusus layanan 3G, dengan memanfaatkan spektrum 900 MHz, XL secara signifikan telah memperluas layanan 3G ke berbagai daerah termasuk di luar Jawa dalam waktu singkat. Sementara itu, untuk layanan 4G, hingga saat ini sudah 89 kota terlayani dan akan terus bertambah di tahun depan.

Kesiapan layanan juga dilakukan dari sisi layanan pelanggan. XL telah siap jika terjadi kenaikan jumlah keluhan atau permintaan informasi dari pelanggan selama liburan akhir tahun. Pada tahun-tahun sebelumnya, keluhan hanya akan meningkat secara signifikan jika terjadi gangguan yang bersifat massal. Sementara itu, untuk permintaan informasi, khusus di saat liburan akhir tahun, banyak pelanggan yang bertanya mengenai koneksi dan layanan internet, serta layanan untuk roaming internasional.

Leave a Comment