XL Mulai Terapkan Teknologi 4G LTE dengan Modulasi 4x4 MIMO 256 QAM

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – PT XL Axiata Tbk (XL) baru saja mengupdate teknologi terbaru mereka di beberapa area. Update ini dilakukan demi meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan mereka. Langkah yang dilakukan adalah dengan menerapkan modulasi 4x4 MIMO 256 QAM yang mendorong kecepatan internet menjadi setingkat 4,5G.

Seiring dengan kebutuhan pelanggan personal maupun bisnis yang semakin tinggi di dunia digital, XL pun terus menggenjot layanannya. Kali ini sang operator berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas layanan 4G LTE. XL kini mulai menjajaki penerapan teknologi modulasi 4x4 MIMO 256 QAM (Quadrature Amplitude Modulation).

MIMOXL mengklaim jika teknologi ini meningkatkan kecepatan sebesar 30% diatas teknologi 4x4 MIMO yang sudah diterapkan oleh XL saat ini, hingga mencapai lebih dari 360 Mbps untuk lebar spektrum yang sama (20 MHz). XL meyakini, pada layanan 4G LTE, kecepatan dan kapasitas yang semakin baik akan memperbesar manfaat positif layanan 4G bagi pelanggan dan masyarakat penggunanya.

Rahmadi Mulyohartono, VP LTE XL di sela-sela media update teknologi terbaru mereka di Jakarta menuturkan bahwa hal paling krusial dalam layanan 4G LTE adalah kecepatan akses dan kapasitas yang besar. “Dengan kecepatan akses yang semakin baik maka semakin besar pula manfaat dari layanan 4G LTE.”

Menurut Rahmadi, secara teknis, keunggulan yang bisa XL dapatkan dari penerapan teknologi modulasi 256 QAM adalah peningkatan kapasitas dan peningkatan kecepatan downlink akses hingga 30% dengan lebar pita spektrum yang sama. Perbedaan teknologi ini dengan MIMO 4x4 (4T4R) yang telah diimplementasikan oleh XL adalah pada teknologi modulasi yang digunakan yaitu  256 QAM.

Dengan hanya melakukan software upgrade, teknologi modulasi 256 QAM ini memberikan peningkatan kecepatan throughput data hingga 30% diatas dari teknologi sebelumnya yang berbasis modulasi 64 QAM. Penerapan teknologi modulasi 256 QAM ini kini sedang dalam persiapan, dan akan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan akan kapasitas dan kualitas layanan ke pelanggan.

Dalam persiapan ini, XL didukung pula oleh Ericsson. Sejak komersialisasi layanan 4G LTE, XL juga telah melakukan persiapan teknis untuk penerapan sejumlah teknologi guna meningkatkan kualitas layanan XL 4G LTE mulai dari Carrier Aggregation(CA), License Assisted Access (LAA), dan kini Modulasi LTE 256 QAM. XL sudah mulai menerapkan teknologi 4.5G 4x4 MIMO di Jabodetabek, Bandung, DIY dan Jawa Tengah, Surabaya, dan Denpasar.

Dalam ujicoba yang dilakukan, kecepatan download lewat jaringan XL bisa menembus angka di atas 300 Mbps. Sementara untuk upload, kecepatan yang bisa dibukukan berada di angka 20 Mbps. Sayangnya, menurut Mulyohartono, update teknologi ini baru dilakukan di beberapa area tertentu saja yang penduduknya berpotensi siap menikmatinya.

Pasalnya, untuk menikmati teknologi 4.5G ini, pengguna harus memiliki device yang kompatibel. Beberapa smartphone yang mendukungnya antara lain Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge, Asus Zenfone 3 dan Xiaomi Mi 5S.

Leave a Comment