Perluas Jangkauan di Luar Jawa, XL Axiata Hadirkan Layanan 3G di Spektrum U900

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Meski saat ini konektivitas 4G LTE tengah gencar digelar banyak operator, namun pelanggan di jaringan 3G dianggap masih memiliki dominasi yang tinggi. Untuk menggaet banyak pengguna di jaringan ini terutama di luar wilayah Jawa, XL Axiata kini menggelar layanan 3G atau spektrum U900 atau frekuensi 900MHz.

Dalam teknologi jaringan sendiri, spektrum frekuensi operator adalah hal pokok yang menentukan perluasan cakupan tangkapan sinyal. Maka tak salah jika pita frekuensi 900MHz diandalkan untuk coverage area oleh XL Axiata. Spektrum U900 ini dimanfaatkan operator untuk menghadirkan jangkauan di daerah dalam menghadirkan layanan data dan voice.

Menurut Budi Harjono, Vice President Network Planning XL, mengatakan bahwa mengapa Xl Axiata menggunakan spektrum 900 atau yang dikenalkan sekarang dengan U900?. “Karena ujungnya nanti adalah LTE, sekarang teknologi BTS sudah single run nantinya casis Cuma satu yang membedakan adalah software, mau 3G atau 4G tinggal slotnya saja diubah,” jelasnya.Spektrum U900 (1)

Dirinya menerangkan U900 yang menggunakan teknologi 3G dan bukan 4G, adalah untuk wilayah di luar Jawa. Karena menurutnya penetrasi handset di daerah ini lebih ke 2G dan 3G, nanti dari teknologi ini pengguna akan di Drive langsung ke 4G.”Karena secara investasi jaringan akan dipakai juga ke LTE,” lengkapnya.

Baca :

Spesifikasi Resmi Google Pixel dan Pixel XL Terkuak
XL Perkuat Jaringan di Sulawesi, Dongkrak Layanan Data



Sejalan yang diungkap Budi, Direktur/ Chief Service Management Officer XL, mengatakan,”Kami memang telah lama menghadirkan 2G dan 3G di Indonesia, namun sejak beberapa waktu lalu kami mulai melakukan penambahan jaringan 3G di frekuensi 900 MHz, dan kemudian setelah mendapatkan sertifikasi komersialisasinya, saat ini kami bisa menghadirkan layanan 3G dengan kualitas yang lebih baik untuk akses data dan voice. Wilayah layanannya pun juga jauh lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkannya di seluruh wilayah Indonesia."

Ia mengungkapkan bahwa saat ini 93% populasi di Indonesia telah dilayani oleh XL melalui jaringan 2G dan 3G. Penambahan layanan broadband di frekuensi 900 MHz mencakup area yang sangat luas, hampir 6 kali dari luas cakupan jaringan 3G sebelumnya dengan kualitas sinyal 2 kali lebih kuat saat berada di dalam ruangan (indoor).

XL Axiata sendiri mengklaim bahwa akan membangun sekitar 11 ribu bts 3G baru uuntuk 352 kota atau kabupaten, untuk bisa berkomunikasi di jaringan 3G. Selain itu juga ada beberapa produk baru yang akan dikenalkan operator, yakni ‘Hotrod Xtra’ dan ‘Kartu Perdana, seta Xtra Bicara yang diklaim sebagai produk pendukung untuk menikmati komunikasi di jaringan 3G U900 ini dengan maksimal.

Leave a Comment