WhatsApp Tinggalkan iOS 6, Android 2.2 & Windows Phone 7

ArenaLTE.com - Seiring dengan masuknya tahun baru 2017, aplikasi berbasis internet WhatsApp pun mulai menerapkan rencananya yang telah lalu. Perusahaan kini menerapkan untuk meninggalkan dukungan terhadap sistem operasi smartphone lama. Seperti halnya Aplikasi WhatsApp hilangkan dukungan untuk sistem iOS 6 atau yang di bawahnya, sehingga tidak bisa lagi menggunakan layanan pesan ini.

Aplikasi WhatsApp bukan hanya menghilangkan dukungan terhadap sistem operasi mobile besutan Apple tersebut, perusahaan juga mengumumkan bahwa sistem operasi Windows Phone 7 dan OS Android versi 2.1 dan Android 2.2 juga tidak didukungnya lagi.

Seperti dilansir dari laman phonearena, Aplikasi WhatsApp menghilangkan dukungan terhadap sistem operasi yang kebanyakkan ada dalam OS pada handset yang telah banyak orang tinggalkan. Sehingga perusahaan mengungkapkan bahwa pengguna handset, diluar dari yang telah diumumkannya akan tetap bisa menggunakan layanan pesan tersebut.WhatsApp

Sumber infomasi menerangkan bahwa sistem operasi yang ditinggalkan WhatsApp  adalah jajaran sistem operasi yang telah usang. Misalnya seperti iOS 6 yang menjadi versi terakhir dari OS mobile yang dikembangkan Apple, sistem ini dijalankan pada perangkat iPhone seri 3GS. Sedangkan untuk Android 2.2 atau di bawahnya, adalah versi OS mobile terakhir yang dikembangkan Google. Versi ini sebelumnya digunakan pada handset Motorola Droid.

Pun demikian, bukan berarti bahwa OS BlackBerry 10 bisa aman tetap digunakan oleh banyak orang. WhatsApp menyebutkan bahwa untuk OS ini akan diberikan penangguhan, artinya ada kemungkinan masih didukung dalam periode waktu tertentu. Kabarnya, untuk OS kembangan perusahaan asal Kanada ini, perusahaan aplikasi WhatsApp akan memberikan batas waktu hingga 30 Juni 2017. Hal tersebut juga berlaku untuk Nokia Symbian S40 dan Nokian Symbian S60.
 

Baca : 
Hore, Akhirnya WhatsApp Bisa Video Call!
Waspada! Meski Dihapus, Pesan WhatsApp Masih Tersimpan


Tren penggunaan aplikasi saat ini telah mengubah drastis penggunanya, padahal pada 2009 lalu saat WhatsApp pertama kali diluncurkan. Ada sebanyak 70% pengguna smartphone menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) dan juga banyak menggunakan OS kembangan Nokia. Android, Windows Phone dan iOS hanya menyumbang sekira 25% pada saat itu. Namun, keadaan telah berputar 360 derajat, kini pengguna smartphone yang hampir mencapai 99,5% dari iOS, Android dan Windows mengubah haluan penggunaan.

Seperti diketahui aplikasi WhatsApp telah diakuisisi oleh Facebook pada Oktober 2014 lalu dengan nilai mencapai USD21 juta, seiring hal tersebut jujga perusahaan telah mengumumkan bahwa memang akan telah menghilangkan dukungan terhadap sistem operasi usang yang telah lama. Menurut perusahaan, OS usang tersebut tidak akan memberikan kemampuan untuk menambahkan atau memperluas fitur aplikasi WhatsApp di masa mendatang.

Leave a Comment