Tips Orang Tua Modern Untuk Melindungi Anak Dari Ancaman Online

ArenaLTE.com - Menentukan waktu yang tepat untuk memberikan kebebasan bagi anak untuk bebas mengakses konten online menjadi salah satu dilema terbesar yang dihadapi orangtua modern saat ini.
 
Di masa ketika anak-anak berusia antara 7 hingga12 tahun mengakses banyak layanan digital yang sama dengan orang tuanya, seperti situs web streaming video atau fasilitas digital lainnya.
 
Dalam benak kita selalu terbanyak betapa resiko ancaman online akan muncul saat anak mengakses konten online mulai dari bahaya orang asing hingga cyberbullying.
 
Sebuah survei global terbaru dari Kaspersky telah menemukan bahwa ketika soal keamanan online, beberapa orang tua lebih suka berada di zona aman daripada mempercayai penilaian anak mereka.
 
67% orang tua setidaknya setuju bahwa anak-anak mereka memiliki kesadaran penuh akan risiko online. Sedangkan 50% orang tua menggunakan berbagai alat dan praktik untuk menjaga anak-anak mereka tetap aman saat menggunakan internet.
 
Misalnya, dengan memeriksa secara manual perangkat anak-anak mereka - seperti meninjau riwayat pencarian browser setelah digunakan.
 
Ini bisa disebabkan oleh anak mereka yang sebelumnya menyembunyikan aktivitas internet mereka atau tidak mematuhi nasihat orangtuanya.
 
Beberapa orang tua menggunakan teknik ‘digital grounding’, dengan melarang anak-anaknya menggunakan perangkat jika mereka melakukan kesalahan. Setengah (52%) dari orang tua juga menetapkan batas waktu untuk anak-anak mereka menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.


 
Lebih dari sepertiga (35%) telah menginstal pemantauan orang tua (parental control)  pada perangkat anak-anak mereka untuk membatasi dan memperketat penggunaan internet atau detil penelusuran lainnya.
 
Hampir sepertiga (30%) orang tua menggunakan fasilitas pemantauan orangtua bawaan, seperti yang ditemukan di konsol video game, untuk menjaga anak-anak mereka aman.
 
Demikian pula, 30% juga menggunakan pengaturan dalam router Wi-Fi keluarga untuk mematikan akses internet setelah periode waktu yang ditentukan.
 
Marina Titova, Head of Consumer Product Marketing di Kaspersky mengungkapkan bahwa hampir setiap anak-anak sekarang memiliki akses ke perangkat yang terhubung ke internet, ada kemungkinan mereka akan menemukan konten yang tidak pantas atau berisiko memiliki ancaman online - seperti modus grooming ataupun pencurian identitas.
 
“Penelitian kami menunjukkan bahwa orang tua cukup menyadari bahwa percakapan dan nasihat mungkin tidak selalu cukup untuk memastikan anak-anak mereka menghargai risiko potensial dari menjelajah internet, banyak orang tua juga bahkan menggunakan aplikasi untuk mengontrol konten dan penetapan waktu yang dihabiskan di perangkat”, jelasnya.
 
“Kami mendorong orang tua untuk menempatkan asumsi apa pun yang mereka miliki tentang kebiasaan online anak-anak mereka pada sudut pandang tepat, berdialog terbuka dengan anak-anak mereka tentang perlunya mengontrol kegiatan digital dan keamanan internet, karena konten berbahaya adalah salah satu hal yang sangat mungkin mereka temukan saat menjelajah dunia daring”, ujarnya.


 
Para orang tua perlu merasa yakin bahwa anak-anak mereka akan tetap aman di Internet. Untuk membantu orang tua melindungi anak-anak dan anggota keluarga lainnya dari ancaman online, Kaspersky merekomendasikan:
  • Adopsi pemblokiran perangkat otomatis untuk membantu mengontrol waktu yang dihabiskan anak Anda di komputer, ponsel cerdas, atau tablet mereka. Dengan ini, Anda dapat menghentikan anak-anak dari menghabiskan seluruh waktu luang mereka di depan layar dan dapat mengatur jumlah waktu yang sesuai
     
  • Media sosial merupakan bagian dari ruang pribadi anak, sehingga pemantauan perilaku online dapat dianggap sebagai pelanggaran privasi, hal ini terutama terjadi di kalangan anak-anak yang berusia lebih tua. Anda cukup meminta keterlibatan demi mendapatkan pemahaman yang baik akan minat mereka dan sekaligus membangun hubungan lebih dekat
     
  • Para anak-anak tidak begitu sering untuk membicarakan konten media sosial mereka dengan orang tua. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mendiskusikan bagaimana mereka menggunakannya, tanpa mengkritik atau menekan, dan memberikan saran mengenai cara menjaga ketika menjalin pertemanan atau koneksi baru
     
  • Dengan berlangganan Kaspersky Security Cloud edisi keluarga, orang tua dapat memanfaatkan berbagai fitur untuk menjaga seluruh anggota tetap aman saat online. Layanan ini mencakup Kaspersky Safe Kids yang dirancang khusus untuk melindungi penggunaan internet anak-anak dan perlindungan data pribadi

Leave a Comment