Tips Penting Untuk Membuat Vlog

Smartphon-untuk-vlog-vloging-vlogger-selfie-tips-membuat-vlog
ArenaLTE.com - Dengan kemampuan kamera depan smartphone yang semakin canggih, dan akses internet yang semakin cepat menggunakan jaringan 4G LTE, fenomena Vlog atau video blog semakin populer. Vlog sendiri merupakan cara terbaru untuk membagikan cerita keseharian seseorang, ke orang lain melalui rekaman video selfie. Hasil video selfie yang dibuat kemudian di tayangkan ke media sosial atau channel video seperti Youtube.

Agar mendapatkan respon yang baik, para Vlogger (sebutan untuk pembuat Vlog) juga harus memperhatikan beberapa tips membuat vlog agar hasil video yang dibuat memiliki daya tarik dan banyak yang menonton. Bahkan banyak yang menjadi populer dan terkneal berkat kegiatan membuat vlog atau video blog ini.

Yang paling penting harus diingat adalah, kegiatan membuat video blog ini bukan untuk disimpan sebagai koleksi video pribadi namun untuk memperkenalkan diri dan bercerita ke khalayak umum. Apakah kalian cukup percaya diri untuk membuat vlog dan di publikasi di internet?
LG_K10_201_selfie_tips_membuat_Vlog

Berikut ini beberapa tips membuat vlog yang harus diperhatikan.

1. Tentukan Tema Dan Ide Cerita Vlog
Meskipun berupa kegiatan sehari-hari dan santai namun sebuah Vlog yang menarik tetap membutuhkan tema dan ide pada awal pembuatannya. Kita harus pikirkan juga alur cerita yang menarik dan yang terpenting harus informatif seperti layaknya membuat konten berita jurnalistik dengan mengedepankan prinsip 5W 1H (What, Where, When, Who dan How).

2. Percaya Diri Di Depan Kamera
Tidak harus ganteng dan cantik, jika kalian percaya diri ketika membuat Vlog maka akan terlihat sangat menarik untuk ditonton. Buatlah skenario dasar, agar lancar berbicara dan tidak terbata-bata atau gagap ketika menyampaikan informasi.

smartphone-selfie-OK-tips-membuat-vlog

3. Pemilihan Lokasi 
Lokasi sangat menentukan dalam membuat vlog yang menarik, pastikan tempat tersebut jauh dari kebisingan dan terhindar dari hal-hal dan suara yang dapat mengganggu proses pembuatan video. Pilih latar belakang yang menarik agar fokus penonton tidak teralihkan dan pencahayaan yang baik agar wajah kita terlihat dengan jelas.

3. Siapkan Alat-Alat Pendukung
Membuat vlog memang butuh upaya lebih banyak daripada sekedar tulisan di blog. Alat pendukungnya jauh lebih banyak. Pendukung pertama tentu saja kamera yang bisa merekam video. Tapi alat ini sudah banyak ragamnya, tidak perlu memaksakan diri membeli kamera canggih karena kamera selfie dari smartphone saja sekarang sudah hampir sama bagusnya.

Pilih smartphone selfie yang memiliki fitur khusus selfie pada kamera depannya. Tidak perlu mahal, smartphone selfie dengan harga terjangkau juga ada dipasaran seperti contohnya LG K10 2017 dengan banderol harga IDR2,7jutaan saja. Fitur yang sangat cocok untuk vlogging salah satunya yaitu kamera dengan fitur wide angle selfie. Dengan inovasi itu, LG K10 2017 memiliki ruang tangkap yang lebih lebar, dan mampu menampung lebih banyak wajah-wajah ceria di dalam frame fotonya.



4. Pengambilan gambar
Merekam video bisa menggunakan kamera dan juga smartphone selfie yang memiliki fitur video di dalamnya. Tetapi satu hal yang harus diperhatikan, saat merekam video sebaiknya tidak secara vertikal atau potrait namun dalam bentuk horisontal.

Hasil vlog akan lebih menarik jika menggunakan kamera smartphone dengan ruang tangkap yang lebih lebar seperti pada LG K10 2017 yang mampu merekam video dengan sudut tangkap hingga 120 derajat. Smartphone ini juga memiliki microphone yang bagus untuk merekam suara.

4. Editing Video
Sebelum dipublikasikan, ada baiknya video yang kita buat juga melalui proses editing. Hal in iagar video sesuai dengan tema cerita dan membuang bagian yang tidak penting ketika proses merekam vlog. Tidak perlu menggunakan perangkat canggih dalam mengedit video ala professional. Untuk tahap awal kita bisa menggunakan aplikasi video editing dalam smartphone yang cukup memuaskan hasilnya.

Leave a Comment