Tips Dan Trik Foto Dengan Smartphone Saat Traveling

ArenaLTE.com - Travelling sendirian punya banyak kelebihan. Lebih mudah mengatur pengeluaran, ritme perjalanan yang lebih dinamis dan dapat diubah sesuai keinginan, serta lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan budaya dan orang-orang lokal. Disisi lain, dengan berbagai momen ingin diabadikan tanpa partner travelling, apakah hasilnya akan tetap memuaskan?

Dengan libur panjang dan waktu mudik semakin dekat, mempersiapkan agenda travelling tak ada salahnya dilakukan sejak awal. Jika ingin travelling sendirian, berikut beberapa tips agar setiap hasil foto dengan smartphone semakin menarik dan pas menggambarkan serunya perjalanan anda.

1. Pelajari Keterampilan Fotografi Dasar.
Memahami dasar-dasar fotografi sangat membantu dalam menemukan angle yang tepat dan memaksimalkan komponen alami pendukung foto. Pertama, perhatikan pencahayaan. Untuk mengambil foto panorama, misal sunset, pegunungan, danau, atau foto potret/selfie, sebaiknya cahaya tetap menghadap objek utama untuk menghindari backlight. Kedua, hindari over exposure atau cahaya yang berlebihan pada objek foto. Akan jauh lebih mudah untuk menambah exposure saat editing, daripada mengurangi, karena akan memengaruhi komposisi warna pada hasil foto.

2. Berlatih dengan Smartphone
Mengambil foto keren saat travelling tidak harus dilakukan dengan DSLR atau Mirrorless Camera. Smartphone dengan kamera yang bagus bisa cukup mengakomodasi kebutuhan foto saat travelling sendirian. Ambil foto sebanyak mungkin agar semakin terbiasa menggunakan pengaturan kamera dan grid pada smartphone dan tentunya, jangan ragu untuk bereksperimen dan menjelajahi berbagai fitur yang ditawarkan. In-app camera feature seperti profesional mode dapat mengatur langsung manual ISO, atau white balance yang sangat bermanfaat saat mengambil foto baik kondisi outdoor dibawah sinar matahari, atau indoor dengan lampu kuning.



3. Bawa Tripod
Pemandangan air terjun sebagai latar belakang foto, atau jalanan lapang dengan pemandangan gunung akan sayang untuk tidak diabadikan. Atur sendiri posisi yang diinginkan, gunakan tripod, dan self timer untuk hasil foto HQ editorial-type. Harga tripod yang sudah sangat terjangkau juga dapat mudah dibawa di dalam ransel.

4. Editing yang Konsisten
Salah satu rahasia travel-blogger untuk hasil foto yang keren di setiap destinasi adalah filter dan editing yang tepat. Pilih metode editing yang nyaman dilakukan, baik menggunakan pilihan editing pada smartphone, atau aplikasi tambahan. Tonality dan filter yang konsisten pada setiap gambar, didukung pemilihan objek yang kreatif akan membuat setiap foto traveling diambil layaknya oleh profesional.

5. Komposisi Foto 
Rule of Third atau aturan posisi objek di sepertiga bagian foto akan sangat membantu perspektif foto yang konsisten dan fokus. Perhatikan pula garis atau pola sebagai komponen arsitektur alami pada objek foto. Kedua aspek ini membuat hasil foto, dimanapun dan apapun objek-nya, akan tetap harmonis saat digabungkan di media sosial.

Meminta pengunjung lain untuk mengambil foto boleh saja dilakukan. Berikan arahan mengenai konsep yang ingin diambil agar memudahkan pengambilan foto dan tawarkan balik untuk mengambil foto si pengunjung akan membuat pengalaman meminta foto lebih menyenangkan.



Bagi pengguna vivo V9 True Red yang dibanderol harga IDR3.799.000, fasilitas dua Kamera Belakang AI Bokeh 13MP+2MP, serta kamera depan AI Selfie 24MP bisa digunakan untuk mengabadikan berbagai momen travelling dengan jernih dan fokus.

Kameranya juga didukung fitur Artificial Intelligence (AI) secara otomatis mengatur berbagai komponen pendukung foto seperti pencahayaan, fokus, hingga memperindah selfie di berbagai sudut pengambilan foto.

Fitur tambahan lainnya juga bisa dimaksimalkan seperti AI HDR (hasil foto dengan pencahayaan dan fokus lebih stabil), AI Face Beauty (mempelajari angle selfie, tekstur kulit, jenis kelamin, warna kulit dan otomatis mengatur skala face beauty), dan Profesional Mode (Lebih user-friendly dengan Android 8.1 OREO, mengatur ISO, White Balance, hingga Exposure Value pada foto kamera belakang) akan sangat membantu hasil foto semakin sempurna saat travelling.

Leave a Comment